Lihat ke Halaman Asli

Zikria Uzma

Mahasiswi PGMI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Perkembangan Bahasa Indonesia

Diperbarui: 15 Maret 2023   23:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamu'alaikum teman-teman..... kali ini saya akan membahas tentang perkembangan bahasa Indonesia. 

Seperti yang sekarang kita ketahui bahwasanya bangsa Indonesia menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia yang kita gunakan sehari-hari telah mengalami perkembangan seiring berlakunya ejaan Van Ophuijsen, Soewandi, Melindo bahkan hingga ke Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Bahasa Indonesia merupakan hasil pertumbuhan dan perkembangan bahasa Melayu yang sejak dahulu sudah digunakan sebagai bahasa perhubungan (lingua franca) bukan hanya di Kepulauan Nusantara, melainkan digunakan hampir di seluruh Asia Tenggara.

Hasil keputusan kongres bahasa Indonesia II tahun 1954 di Medan menyatakan bahwasanya bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu. Kedudukan bahasa Indonesia dinyatakan sebagai bahasa negara pada tanggal 18 Agustus 1945 karena pada saat itu juga Undang-Undang Dasar 1945 disahkan sebagai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Disebutkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 bahwasanya bahasa negara Indonesia ialah bahasa Indonesia (Bab XV Pasal 36).

Pada tanggal 28 Oktober 1928 yaitu saat berlangsungnya Kongres Pemuda, bahasa Melayu diubah namanya menjadi bahasa Indonesia dan juga diikrarkan sebagai bahasa persatuan atau bahasa nasional dalam Sumpah Pemuda. Tanggal 18 Agustus 1945 ditetapkan UUD 1945 yang didalamnya terdapat pasal menyatakan bahwa "Bahasa Negara adalah bahasa Indonesia".

Bahasa Indonesia adalah Bahasa nasional dan bahasa resmi bangsa Indonesia. Salah satu ahli berpendapat bahwasanya bahasa adalah alat yang digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari, baik bahasa lisan ataupun bahasa tulis (Felicia,2001). Jika dilihat dari tujuan penggunaannya, tujuan bahasa yaitu sebagai tujuan praktis (untuk komunikasi sehari-hari), tujuan artistik (untuk pemuas rasa estetis), tujuan pembelajaran (sebagai media mempelajari berbagai ilmu), tujuan filologis (untuk mempelajari naskah-naskah tua).

 Fungsi utama bahasa ialah sebagai alat komunikasi. Fungsi bahasa juga sebagai alat pemersatu bangsa dan sebagai identitas suatu suku atau bangsa. Tujuan bahasa Indonesia ialah sebagai alat pemersatu bangsa dan juga sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan. Kedudukan bahasa Indonesia yaitu sebagai bahasa nasional, sebagai lambang kebanggaan kebangsaan, sebagai lambang identitas nasional, sebagai alat yang menyatukan berbagai suku bangsa. Fase bahasa Indonesia ada tiga, yaitu :

  • Fase bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan ditandai Ejaan van Ophuijsen dan Kongres Bahasa Indonesia I
  • Fase bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara ditandai Pasal 36 UUD 1945, Kongres Bahasa Indonesia II, Praseminar Politik Bahasa Nasional (1974), Seminar Politik Bahasa Nasional (1975), Seminar Politik Bahasa (1999), Ejaan Suwandi (1947), dan Ejaan yang Disempurnakan (1972).
  • Fase bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional ditandai Kongres Internasional IX Bahasa Indonesia, UU Nomor 24 Tahun 2009, dan Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Semoga bermanfaat ya teman-teman..... Wassalamu'alaikum...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline