Lihat ke Halaman Asli

Antara Positif dan Negatif Dampak Gadged pada Anak Usia Dini

Diperbarui: 12 Juli 2015   09:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dijaman modern dan Hight technologi ini, komunikasi adalah suatu media atau sarana penyampaian informasi atau ide dan sikap seseorang kepada orang lain baik didunia bisnis dan pendidikan serta dunia hiburan.

Komunikasi yang dimaksud disini adalah dalam bentuk Gadged, seperti yang kita ketahui dan kita liat dalam kesehari harian bahwa Gadged sudah memenuhi pasaran telekomunikasi di Indonesia,selain harga terjangkau dan mudah dalam penggunaanya.

Seiring dengan perkembangan jaman saat ini, gadget banyak kita jumpai dan digunakan dalam bentuk alat komuniskai seperti Handphone, HT, Pager, Laptop dll yang mana alat ini digunakan oleh manusia untuk mengurus segala sesuatu usaha / bisnisnya bahkan sampai ke jenjang pendidikan dan Hiburan.

Alat komunikasi ini telah banyak membawa perubahan pada dunia bisnis seseorang, karena dengan adanya alat ini mampu mempertemukan antar customer, ini merupakan salah satu contoh dampak postif dengan adanya Gadget dalam bentuk alat komunikasi seperti Handphone & Laptop.

Bagaimana kalau dalam hal pendidikan? Tentu saja alat satu ini sangat berperanan penting karena mampu melancarkan proses belajar mengajar secara online, serta bisa digunakan untuk sebagai alat mencari informasi / pemantau perkembangan proses penerimaan siswa baru atau pendaftaran anak sekolah yang selama ini sudah diterapkan dengan sistem online.

Apalagi, jika alat ini digunakan untuk dalam dunia hiburan....opss jangan berfikir jauh dulu ya kalau sudah mendengar istilah Hiburan, Hiburan saya maksud disini adalah kegiatan / aktifitas seorang pekerja Event Organizer atau istilah populernya (EO) dan hiburan sejenis Travel dan Tour, dengan begini segala urusan menjadi mudah dan berjalan sukses.

Dari berbagai contoh diatas menunjukan bahwa peranan Gadjed dalam bentuk Handphone & Laptop sangat penting bagi manusia.

Lalu bagaimana dampak handphone bagi pengguna Games? yang mana saat ini sangat populer dengan istilah games Online meskipun games online kebanyakan pengoperasianya dengan menggunaan Personal Computer (PC), akan tetapi ada juga games ini muncul pada Handphone / Tablet yang mana rata rata pemain games tersebut usia anak anak dari tingkat Sekolah Dasar sampai tingkat SMU bahkan mampu menembus ke jenjang orang Dewasa.

Dalam Hal ini topik diatas Dampak Negatif bagi anak anak sekolah sangatlah signifikan, yang mana anak anak sudah mulai merasa nyaman dengan permainanya, sehingga lupa akan jam untuk belajar, syukur syukur peranan Orang tua bisa mendampingi anak anaknya secara full, dengan demikian bisa membatasi waktu untuk main games dan waktu untuk belajar.

Bagaimana dengan Orang tua yang tidak bisa mendampingi anak anaknya dengan full time? sudah pasti perkembangan anak tersebut akan mempunyai kendala/terganggu, akibatnya anak tersebut akan sering menyendiri, susah diajak komunikasi dan malas malasan,walau tidak semua anak memiliki sikap demikian.

Setidaknya sebagai orang tua, kita cepat cepat mengambil tindakan jika melihat anak anak kita sudah mulai nyaman didepan Gadget, dan segeralah buatkan jadwal untuk kapan waktunya main games dan kapan waktunya belajar dan sosialisasi dengan lingkungan guna menghindari dampak negatif yang terjadi pada anak anak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline