Lihat ke Halaman Asli

Mengapa Berkerudung?

Diperbarui: 24 Juni 2015   08:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Sudah beberapa tahun terakhir ini kerudung menjadi style atau trenddikalangan kaum muslimah mulai dari remaja, dewasa, dan orang tua. Berbicara tentang kerudung, sekarang ini perlu diperhatikan bagaimana cara berkerudung seorang muslimah, tujuan muslimah berkerudung, dan dalam keperluan apa seorang muslimah berkerudung. Kerudung bukanlah sekedar hiasan kepala atau penutup kepala. Berkerudung adalah bagian dari menutup aurat. Perlu diperhatikan untuk muslimah generasi kini banyak dari mereka yang menggunakan kerudung akan tetapi bagaimana cara mereka berkerudung dan mengapa mereka berkerudung?

Kaum muslimah sekarang ini berkerudung dengan berbagai macam alasan dan dilihat dari beberapa sudut pandang. Menurut pengamatan sehari-hari dan berdasar aktifitas bersama teman muslimah mereka yang berkerudung dapat dikarenakan:

. 1. Kebiasaan sehari-hari saat beraktifitas

2.Anjuran dari orang tua

3.Peraturan sekolah, universitas, dan instansi tempat bekerja

4.Bagian dari penampilan

5.Kesadaran dari dalam diri sendiri

Dari kelima alasan tersebut dapat dibahas satu persatu bagaimana cara berkerudung seorang muslimah.

1.Kebiasaan sehari-hari.Di antara para muslimah ada yang berkerudung karena hanya sudah terbiasa dalam keseharian saja rasanya ada yang kurang saat bepergian atau melakukan aktifitas lainnya apabila tidak menggunakan kerudung sehingga cara berkerudungnyapun sekedarnya saja, karena semata-mata hanya untuk memenuhi kekurangan. Dari segi pakaianpun terkadang juga tidak mendukung kerudung yang sudah digunakan dalam artian pakaian yang digunakan tidak pantas dipakai bagi muslimah yang berkerudung.

2.Anjuran dari orang tua. Tentunya ada orang tua yang menganjurkan putrinya untuk menggunakan kerudung dengan berbagai alasan. Ada kalanya yang menuruti ada juga yang tidak menuruti. Mereka yang mematuhi anjuran orang tua dapat berkerudung lebih rapi dan sopan namun juga ada yang tetap apa adanya saja, karena hanya untuk mematuhi anjuran orang tua. Dalam hal ini ada aspek yang perlu ditekankan yakni sekalipun sudah berkerudung, karena anjuran orang tua, namun sudahkah muncul dari dalam naluri diri sendiri untuk menggunakan kerudung.

3. Peraturan sekolah, universitas, atau instansi tempatbekerja. Beberapa muslimah berkerudung hanya ketika di sekolah, universitas, atau instansi tempat bekerja, karena berkerudung adalah peraturan yang berlaku yang harus ditaati. Saat dalam aktifitas lainnya kerudung tidak lagi digunakan, hal ini yang masih sering dijumpai. Misal saat bertemu dengan seorang muslimah di suatu sekolah pada saat itu ia berkerudung, namun saat dijumpai lagi dilain tempat kerudungnya tidak lagi digunakan.

4.Bagian dari penampilan. Seperti yang sudah kita ketahui zaman ini bisa dikatakan sebagai zaman fashion, karena model pakaian semakin beraneka ragam dan berwarna-warni. Kaum muslimah kini gemar memadu padankan model dan warna pakaian salah satunya juga padanan model dan warna kerudung, sehingga menggunakan kerudung dapat dimaknai sebagai bagian dari penampilan.

5. Kesadaran dari dalam diri sendiri. Tindakan untuk berkerudung muncul dari naluri pribadi kesadaran dari dalam hati dan pikiran seorang muslimah. Keinginan dan kesadaran tersebut tentu disebabkan oleh suatu faktor. Kesadaran bahwa berkerudung merupakan kebutuhan muslimah perlu adanya penekanan dalam diri sendiri.

Cara berkerudung seorang muslimah secara tidak langsung dapat mencerminkan alasan seorang muslimah berkerudung. Bila diperhatikan sekarang ini cara berkerudung dan berpakaian seorang muslimah beraneka ragam. Ada yang berkerudung hanya sekedar untuk menutup kepala dengan artian kerudung tidak digunakan semestinya, berkerudung tetapi rambut, telinga, dan leher masih membekas terlihat dikarenakan kerudung yang digunakan terlalu tipis. Banyak juga muslimah yang sudah berkerudung tetapi pakaian yang digunakan tidak mendukung atau tidak pantas digunakan untuk perempuan yang berkerudung semisal baju dan celana yang sempit, namun segala sesuatunya membutuhkan proses. Semoga kelak selaku muslimah dapat berkerudung dan berpakaian seperti seharusnya. Dari kelima alasan tersebut dapat direfleksikan dengan diri sendiri alasan apa yang menyebabkan kita berkerudung. Dan marilah selaku muslimah berlomba-lomba memahami dan mempraktekan cara berpakaian dan berkerudung yang baik dan benar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline