Lihat ke Halaman Asli

Zidan Syahrul

Mahasiswa

Pemanfaatan Sampah Sedotan Plastik Menjadi Sebuah Kerajinan

Diperbarui: 4 November 2022   10:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Banyaknya sampah-sampah plastik yang menyebabkan kerusakan alam tidak hanya merugikan manusia, tetapi seluruh makhluk hidup. Sampah laut di Indonesia, sedikitnya masyarakat menghasilkan sampah sedotan plastik sebanyak 93 juta sedotan plastik perhari. Dengan adanya data tersebut, dapat disimpulkan bahwa sekitar 33,64% warga Indonesia menggunakan sedotan plastik setiap harinya. Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan memberikan tata cara mengurangi sampah sedotan plastik dengan menggunakan kembali sampah sedotan plastik untuk dibuat kerajinan.

Melakukan pengurangan sampah sedotan plastik tidak hanya dengan memanfaatkan sedotan plastik menjadi sebuah kerajinan, namun dapat juga dengan mengurangi penggunaan sedotan dalam kehidupan sehari-hari. Peran kita sebagai warga Indonesia untuk mengurangi sampah sedotan plastik dapat dilakukan dengan menggunakan sedotan yang tidak sekali pakai seperti sedotan bambu yang ramah lingkungan, sedotan kaca dan sedotan stainless steel yang dapat digunakan berkali-kali.

Dalam membuat kerajinan dari sampah sedotan plastik, tentunya kita harus mengumpulkan terlebih dahulu sedotan-sedotan yang sudah tidak digunakan. Kalian dapat mendapatkan sampah sedotan plastik dari tong sampah atau tempat-tempat yang menjual minuman seperti cafe dan lain-lain.

Setelah melakukan pengumpulan sampah sedotan plastik, sebaiknya sedotan-sedotan yang kalian kumpulkan dibersihkan terlebih dahulu supaya bersih dari kuman. Dan pastikan sedotan yang kalian dapatkan adalah sedotan plastik yang mudah dibentuk agar mudah dalam pembuatan kerajinan ini.

Alat dan Bahan

Alat yang digunakan dalam pembuatan kerajinan sedotan plastik kali ini yaitu gunting dan lem tembak atau lem apapun yang dapat digunakan untuk sedotan plastik.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan kerajinan dari sedotan plastik kali ini yaitu sedotan warna merah 2 buah, sedotan warna kuning 1 buah, dan sedotan warna hijau 2 buah.

Cara membuat kerajinan sedotan plastik cukup mudah, yaitu:

*Pertama, kalian gunting satu sedotan plastik menjadi 5 bagian

*Setelah itu gunting sedotan menjadi berbentuk daun memanjang

*Kemudian, kalian ambil sepertiga bagian sedotan warna merah yang belum digunakan dan juga sedotan warna kuning

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline