Lihat ke Halaman Asli

Zidan Rr

Mahasiswa

Kisah Pahlawan Medis di Tengah Pandemi Corona

Diperbarui: 28 Oktober 2023   20:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Lead: "Mereka adalah pahlawan sejati yang berjuang di garis depan melawan pandemi Corona. Dalam kondisi yang penuh tekanan dan risiko, mereka tetap berdiri tegak untuk menyelamatkan nyawa manusia. Inilah kisah inspiratif para tenaga medis yang berjuang di tengah pandemi Corona

Isi:

Pandemi Covid-19 melanda seluruh negara di dunia termasuk Indonesia. Sejak bulan Maret 2020 Covid-19 melanda Indonesia berdampak pada semua aspek. Yang paling berdampak adalah aspek kesehatan masyarakat. Semua pelaksanaan program kesehatan fokus pada penanganan Covid-19.

Munculnya Covid-19 atau Corona Virus merupakan sesuatunyang menghebohkan duniia. Karena virus ini sulit dideteksi dan mengakibatkan banyak korban. Bahkan vaksinnyapun belum ditemukan kala itu. Oleh karena itulah masyarakay untuk berhati-hati berinteraksi dengan siapapun.

Coronq banyak memakan korban. Tidak hanya masyarakat bahkan tenaga medis juga. Banyak tenaga medis yqng menjadi korban disaat merawat pasien yang terkena corona virus ini dan akhirnya ikut tertular bahkan meninggal.

Tenaga medis sangat berperan. Mereka adalah garda terdepan dalam melawan  virus ini. Selain mengedukasi pasien, keluarga pqsien dan masyarakat sekitar mengenai virus ini agar masyarakatbtidak mendapatkan informasi yang salah. Tenaga medis juga berperan memberikan rasa aman pada pasien agar tidak memperburuk kondisi pasien.

Sebagai garda terdepan, tenaga medis banyak tantangan yang harus mereka hadapi,  harus mampu menerapkan safety practice agar bisa terhindar dari paparan virus ini. Disiplin menggunakan APD yabg tepat sesuai dengan kondisi yang dihadapi. Tantangan para medis kurangnya fasilitas logistik. Ketersedian APD yang terbatas hingga terbatasnya tenaga medis kerap terjari dibagai wilayah.

Penutup dan Kesimpulan

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tenaga medis memiliki peran yang sangat penting dalam menghadapi pandemi corona virus (covid-19) di masa pandemi seperti sekarang. Kita sebagai masyarakat juga dihimbau untuk mematuhi protokol kesehatan yang ada seperti menjaga jarak dengan orang lain, menggunakan masker ketika bepergian dan ketika sedang sakit, menggunakan handsanitizer, selalu mencuci tangan, selalu menjaga kebersihan, selalu menjaga daya tahan tubuh, dll.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline