Lihat ke Halaman Asli

Zidane Maulana

mahasiswa kreatif

Sebab Overthinking dan Cara Mengatasinya

Diperbarui: 28 September 2021   21:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Maulana Mukhammad Attarikal Zidane

NIM : 202110230311016

SEBAB OVERTHINKING DAN CARA MENGATASINYA

            Kata mental health bukan kata yang asing lagi di kalangan anak muda jaman sekarang. Banyak problematika yang dialami oleh para pemuda dan tidak sedikit yang terkena gangguan mental health apa masalah-masalah yang dialaminya. Mental health sendiri adalah keadaan sejahtera dimana seseorang menyadari kemampuannya sendiri, dapat mengatasi tekanan hidup yang normal, dapat bekerja secara produktif dan mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya. Dengan definisi ini, Mental Health atau kesehatan mental sangat penting dan vital bagi seorang individu karena itu mempengaruhi bagaimana cara kita merasakan, berpikir, emosi, berkomunikasi satu dengan yang lain, mencari nafkah dan menikmati hidup, dan sangat penting bagi individu maupun komunitas dan masyarakat di seluruh dunia. Oleh karena itu, mental health atau kesehatan mental bukan lagi hal yang remeh bagi setiap individu.

            Jenis ganggungan mental health atau kesehatan mental bermacam-macam yaitu insecurity, overthinking, self-diagnose, dan lain-lain. Hal yang para remaja rasakan dalam gangguan mental health adalah overthinking. Overthinking adalah menggunakan terlalu banyak waktu untuk memikirkan suatu hal dengan cara yang merugikan. Dengan overthinking banyak anak muda yang menghabiskan waktunya  dengan sia-sia. Yang mana seharusnya mereka bisa melakukan banyak hal yang bermanfaat akan tetapi, lebih sering digunakan untuk memikirkan sesuatu yang seharusnya tidak dipikirkan. Adakalanya overthinking dibolehkan dalam beberapa kasus, seperti mencoba untuk menutupi suatu peristiwa atau hal lain yang memang tidak harus dibicarakan di depan umum.

            Ada beberapa alasan mengapa seseorang overthinking yang pertama, gangguan kecemasan apabila seseorang merasa cemas contoh karena merasa dirinya bersalah atau melakukan suatu keburukan maka sebisa mungkin ia akan berusaha menutupi rasa bersalah tersebut dengan sikap yang berlebihan. Akibatnya orang di sekitar akan beranggapan jika dirinya overthinking dan tidak tepat melakukan hal tersebut. Yang kedua, panik karena rasa panik yang berlebihan seseorang bisa melakukan apa saja termasuk overthinking . Sama seperti point di atas, biasanya sikap berlebihan dilakukan untuk menutupi perasaan panik, cemas dan rasa takut akan suatu hal. Apabila kondisi ini menjadi kebiasaan seharusnya segera berkonsultasi kepada ahli kejiwaaan agar kondisi tersebut bisa diobati. Dan yang ketiga adalah mencari perhatian orang lain, Ada orang yang memiliki penyakit jiwa dengan melakukan hal tersebut dirinya akan merasa di pandang atau mendapatkan perhatian. Justru hal tersebut secara normal dapat memberikan dampak buruk pada dirinya. Masih banyak hal positif yang bisa dilakukan untuk mendapat perhatian dari orang lain, contoh seperti menawarkan bantuan kepada orang lain sehingga kita dapat perhatian orang lain.

            Salah satu cara untuk mengatasi overthinking yaitu dengan sifat bodo amat. Terkadang perlu untuk kita memiliki sifat ini untuk membatasi diri kita dari hal hal yang negatif. Menurut Yosephine C. Chandra pada 3 Desember 2020 ada beberapa cara untuk mengatasi overthinking :

            Yang pertama yaitu sadari ketika kamu sedang ovethinking. Dengan menyadari diri kita saat overthinking itu merupakan langkah awal yang baik. Apakah kamu merasa bersalah? Cemas? Bimbang?  itu adalah hal yang lazim dan itu skenario terburuk yang ada di imajinasi kalian. Namun, perlu disadari lagi bahwa itu skenario terburuk dalam imajinasi. Pikiran tersebut hanya sebuah kemungkinan, bukan realita yang kalian jalani saat ini.        

            Kedua yaitu lihat Big Picture. Tanyakan pada diri sendiri “ apabila kemungkinan terburuk itu terjadi akan berdampak apa pada dirimu? “ posisi kan dirimu 5 atau 10 tahun kedepan apakah hal itu relevan? Jika tidak, maka hal itu tidak perlu kamu cemaskan. kalaupun iya, terima kemungkinan terburuk itu akan terjadi. Tapi ingat, hal itu belum terjadi. Maka dari itu, fokuskan diri mulai sekarang untuk menimalisir kemukinan terburuk itu terjadi. Adapun hasil itu diluar kendali kamu.

            Yang terakhir adalah kembali ke realita. Kita bisa melakukan hal ini dengan menyadarkan diri ke realita yang ada. Gunakan grounding technique. Seperti matikan sosial media kalian, bawalah diri kalian ke dunia nyata, pergi ke alam dan rasakan udara segar.

            Overthinking memang sulit dihilangkan dalam hidup kita. Namun, ada baiknya jika kita mengatasi hal tersebut dengan proses yang baik dan benar. Adakalanya kita berpikir bahwa overthinking akan selalu ada dalam hidup kita, namun itu tidak benar. Kita hanya perlu melakukan hal kecil dikehidupan kita sehari hari, maka pola pikir baru akan muncul dalam hidup kita. Focus on progress, not result.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline