Lihat ke Halaman Asli

Zidane Choiri Revikasyah

Buat karya tulis ilmiah, amaliyah tadris

Ibu Pendidikan Pertama bagi Seorang Anak

Diperbarui: 10 Juli 2023   06:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto oleh kelvin  agustinus: https://www.pexels.com/

Kata ibu dalam al-Qur’an disebut “umm” yang berasal dari akar kata yang sama dengan ummat yang artinya “pemimpin” yang dituju atau yang diteladani. 

Dari pengertian tersebut dapat dipahami bahwa ibu akan dapat menciptakan pemimpin-pemimpin dan bahkan dapat membina umat melalui perhatian dan keteladanannya dalam mendidik anak. 

Demikian juga sebaliknya, jika yang melahirkannya tidak berfungsi sebagai ibu (umm) maka akan hancur generasi-generasi selanjutnya dan tidak akan muncul pemimpin yang bisa diteladani.(Quraisy Syariah : 1998).

Ibu merupakan sosok yang amat berperan penting bagi tumbuh dan berkembangnya seorang anak, karena ibu itu yang membentuk psikologi, kepribadian dan akhlak seorang anak. 

Dari didikan ibu inilah seorang anak itu bisa memahami apa itu nilai-nilai tentang agama dan kemanusiaan.Ibu juga sebagai figur central atau yang di contoh dan di teladani seorang anak pertama kali, jadi menjadi seseorag ibu itu harus mencotohkan mana yang baik dan buruk bagi anak itu kedepannya.

Karena membentuk karakter dan moral anak susah maka seorang ibu itu harus menanamkan dari dini kepada anak nya tentang akhlak akhlak yang terpuji baik di keluarga maupun di masyarakat supaya ketika anak itu beranjak dewasa maka anak itu sudah paham dan mempunyai akhlak yang terpuji.

Ibu juga berperan sebagai motivator kepada anaknya dimana ketika anaknya sedang down atau jatuh ibulah yang perama kali harus mengetahui dan yang pertama kali juga sebagai motivator atau penyemangat supaya anak itu bangkit lagi. 

Contohnya: ketika anak itu mengalami tekanan tentang pelajaran di sekolah nya atau menghadapi masalah terhadp temannya ibulah yang harus menyemangatkan atau memotivsi supaya anak itu keluar dari masalah itu.

Dibawah ini ada 5 sifat yang harus dimiliki seorang Ibu untuk mendidik seorang anaknya

1. Ibu sebagai suri tauladan yang bergerak dalam rumah tangga

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline