Lihat ke Halaman Asli

Teori Asal Kata Tasawwuf

Diperbarui: 2 Desember 2023   23:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Secara etimologi, ada enam teori yang menjadi asal kata tasawuf.

1. Kata fa yang berarti bersih, jernih, dan bening. Karena jiwa mereka bersih dan senantiasa meninggalkan rekam jejak yang bersih.

2. Saff yang berarti barisan. Barisan persaudaraan rohani sehingg satu sama lain di antara mereka saling memanggil dengan panggilan ikhwan (saudara).

3. Safwah yang berarti pilihan. Karena para sufi dinilai oleh kaum muslimun sebagai safwah al-ummah, yakni umat pilihan.

4. Suffah yang berarti tempat duduk yang terbuat dari batu atau kayu. Teori ini didasarkan karena sifat dan kebiasaan para sufi dekat dengan sifat dan kebiasaan para ahl al-suffah (tamu-tamu Islam yang mana mereka tidak memiliki harta, keluarga, bahkan tidak memiliki siapapun. Dan mereka tinggal di bagian belakang masjid nabi).

5. Kata TASAWWUF berasal dari kosakata bahasa Yunani, theoshopy, yang terdiri dari Theo yang berarti ketuhanan dan shopos yang berarti kearifan. berarti, theoshopy adalah mengetahui kearifan tuhan.

6. Suf yang berarti bulu domba. Huruf akar kata suf sama dengan huruf akar kata tasawwuf yang terdiri dari shad, wauw, dan fa sehingga teori ini dapat dipertanggung jawabkan dari segi ilmu bahasa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline