Lihat ke Halaman Asli

Zidan Alrahdi

Mahasiswa Universitas Pamulang

Pengertian Linguistik dan Afiksasi dalam Ilmu Bahasa

Diperbarui: 18 Desember 2022   20:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Definisi Linguistik. 

Linguistik adalah suatu ilmu bahasa secara umum atau tidak terkait oleh beberapa bahasa saja (Muliastuti 2014 : 1).
Oleh karena itu ilmu ini dapat dikatakan Linguistik Umum. Sedangkan menurut Chaer yang mengatakan bahwa sebab luasnya objek kajian, ilmu Linguistik dibagi Menjadi dua yaitu Linguistik Umum yang mengkaji Bahasa Secara Luas dan juga Linguisik Khusus yang berarti kajianya hanya memfokuskan Pada Beberapa atau Salah Satu Bahasa Saja. Sedangkan Secara Etimologi Linguistik Berasal Dari Kata Lingua yang berarti Bahasa Pada Bahasa Latin. Selain Bahasa latin ada juga Beberapa Bahasa yang memiliki Arti sama, Seperti Bahasa Inggris pada kata Language, dan dalam Spanyol Lengua dan lain sebagainya. Jadi Dapat Disimpulkan bahwa Linguistik adalah Ilmu yang mempelajari tentang Bahasa.

Menurut Para Ahli 

Karena telah lama dan meluasnya ilmu Linguistik ini di seluruh dunia, Tentunya banyak para ahli yang telah menyimpulkan tentang Linguistik Ini. Seperti : 

Menurut Siminto (2013 : 4) Linguistik adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk bahasa atau ilmu bahasa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa linguistik adalah ilmu yang mempelajari atau meneliti seluk-beluk bahasa secara ilmiah. 

Kridalaksana (2017 : 1) menyebutkan bahwa arti linguistik adalah ilmu bahasa atau metode mempelajari bahasa. 

A.S. Hornby, E.V. Gatenby, H. Wakefield (2017 : 1) yang mengungkapkan bahwa definisi linguistik sebagai kata sifat adalah studi bahasa, sedangkan sebagai kata benda berarti ilmu dari metode dalam mempelajari dan meneliti bahasa. 

Matthews (2013 : 4) linguistik lazim didefinisikan sebagai ilmu bahasa atau studi ilmiah mengenai bahasa. Telah begitu banyak Pembahasan dan Kajian mengenai Linguistik Seperti Fonetik, Fonologi,Sintaksis, Semantik dan lain Sebagainya. 

Afiksasi / Imbuhan 

Nah teman - teman! Di sini saya juga Akan membahas Apa itu Afiksasi? Apakah Teman - Tahu Apa itu Afiksasi?. Ya, Afiksasi Adalah Suatu Proses Imbuhan Pada Kata dasar. Seperti Menurut Kridalaksana (2009 : 28) Imbuhan adalah proses yang mengubah leksem menjadi kata kompleks. Ia mendeskripsikan imbuhan sebagai proses atau hasil penambahan afiks atau imbuhan pada dasar. 

Fungsi Imbuhan 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline