Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UM Desa Tanggaran Melakukan Sosialisasi Bahaya Bullying di SD Negeri I Tanggaran

Diperbarui: 18 Oktober 2024   18:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumen Pribadi

Tanggaran, 18 Oktober 2024 - Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata di Desa Tanggaran, Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek melakukan sosialisasi dengan tema "Bahaya Bullying pada Kalangan Anak-Anak dan Pencegahannya". Sosialisasi yang dilakukan pada hari Sabtu tanggal 5 Oktober 2024 ini dilaksanakan di SD Negeri I Tanggaran, dengan seluruh kelas mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut.

Sumber: Dokumen Pribadi

Kegiatan sosialisasi bahaya bullying ini dimulai pada pagi hari jam 7:00 WIB. Sosialisasi dimulai dengan sambutan dari guru dan perkenalan anggota KKN kepada anak-anak SD Negeri I Tanggaran, dengan respon anak-anak yang cukup antusias dengan kegiatan ini. Sosialisasi bahaya bullying ini mencakup banyak materi seperti definisi bullying, tindakan yang termasuk bullying, dampaknya terhadap korban dan pelaku, serta cara-cara untuk mencegah bullying.

Sumber: Dokumen Pribadi

Sosialisasi bahaya bullying ini juga mencakup beberapa ice-breaking dan games. Seperti sesi tanya jawab berhadiah untuk me-refresh pengetahuan anak-anak mengenai materi yang sebelumnya telah dipaparkan, serta games tebak gambar setelah sosialisasi selesai. Anak-anak terlihat bersemangat mengikuti ice-breaking dan games, terlihat dari anak-anak yang semangat dan rebutan untuk menjawab pertanyaan atau games.

Sumber: Dokumen Pribadi

Sosialisasi bahaya bullying beserta games berakhir pada jam 08:30 WIB. Walaupun tetap terdapat beberapa kekurangan selama pelaksanaan acara yang perlu dievaluasi, kegiatan sosialisasi berakhir sukses dilaksanakan serta mendapatkan respons yang sangat baik dari anak-anak dan kalangan guru.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline