Lihat ke Halaman Asli

Zarna Fitri

Seorang perempuan yang punya banyak mimpi

Bus Jawara, Juaranya Keliling Kota Tangerang

Diperbarui: 17 Agustus 2024   21:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Koteka

Koteka (Komunitas Traveler Kompasiana) Minggu kemarin, 11 Agustus 2024 kemarin mengajak anggotanya menyusuri Kota Tangerang. Ada yang unik dan istimewa dalam perjalanan kali ini, yaitu jalan-jalannya pakai Bus Jawara (Bus Jalan-jalan Wisata Rakyat Kota Tangerang). Bus yang memang disediakan oleh Pemerintah Kota Tangerang melalu Dishub (Dinas Perhubungan) untuk masyarakat yang ingin keliling Kota Tangerang. Fasilitas Bus Jawara ini gratis alias tidak dipungut biaya atau ongkos ketika menaikinya.


Bus Jawara ini beroperasi setiap hari, lho. Mulai pukul 16.00-17.30 WIB. Mulai dari Taman Gajah, Taman Potret, Taman Elektrik atau Pusat Pemerintahan Kota Tangerang dan Jembatan Kaca Berendeng. Ada 32 kursi yang tersedia di dalam Bus Jawara. Bagian depan bus ada fasilitas AC sementara bagian belakang dibiarkan dengan jendela terbuka. Untuk perorangan bisa menunggu jam operasionalnya di titik-titik di atas. Sedangkan untuk rombongan yang ingin menggunakan fasilitas Bus Jawara bisa melakukan permohonan ke Dishub melalu aplikasi Abang Jawara. Sekali lagi, tanpa dipungut biaya alias gratis.


Nah, kebetulan Hari Minggu tersebut, kita mengunjungi empat tempat yang ada di Tangerang yaitu sebagai berikut.

1. . Titik kumpul, Taman Elektrik

Dokumen Koteka

Sekitar pukul 09.00 WIB, kita semua berkumpul di Taman Elektrik. Taman Elektrik terletak di Jalan Satria-Sudirman Tangerang. Di seberangnya ada Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, dan di seberang lain yaitu Masjid Al Azham Tangerang. Masjid yang memiliki kubah terbesar di Asia. Diameter kubahnya mencapai 63 meter. Dibangun tahun 1997 dengan kapasitas 15.000 jamaah. Tepat Minggu tersebut sedang ada tabligh akbar dengan dai kondang.


Kembali ke Taman Elektrik. Taman ini mempunyai luas 3.000 meter persegi yang diisi dengan rumput sintetis sehingga terlihat lebih estetik. Pada pagi dan siang hari, meghampar indahnya taman, di malam hari berkilauan lampu penerangnya. 

Di tahun lalu, penyelenggaraan kemerdekaan Republik Indonesia dipusatkan di Taman Elektrik ini.

2. Jembatan Kaca Barendeng

Dokumen Pribadi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline