Lihat ke Halaman Asli

Kesuksesan Program Ambisi Pelajar Literasi (AMPLI) Mahasiswa KKN-T UNIWARA di SMK MUTU Pasuruan

Diperbarui: 13 Agustus 2022   09:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelaksanaan AMPLI di kelas X Multimedia, dok. pribadi

PASURUAN - KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang diusung oleh Universitas PGRI Wiranegara (UNIWARA) adalah KKN-Tematik atau bisa disingkat KKN-T. KKN-T sendiri memiliki arti yang mana mahasiswa melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan berlandaskan tema yang telah ditetapkan. Dalam hal ini, UNIWARA mengangkat tema "Upaya UNIWARA dalam Partisipasi Pendidikan Tinggi". Tema ini diangkat dengan tujuan agar seluruh lapisan masyarakat memiliki kesadaran akan pentingnya pendidikan tinggi dan meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi terutama di wilayah Kota maupun Kabupaten Pasuruan. Terdapat 9 kelompok memilih sasaran desa dan 1 kelompok memilih sasaran sekolah.

Kelompok yang memilih sasaran sekolah yaitu bertempat di SMK Muhammadiyah 1 Pasuruan. Subtema yang digunakan yaitu "Bakti UNIWARA dalam Upaya Pengembangan Sekolah di Daerah". Kelompok ini memiliki 17 anggota dengan program kerja yang sangat baik salah satunya adalah program Ambisi Pelajar Literasi (AMPLI). Program tersebut diselenggarakan pada minggu ke-2 dalam pelaksanaan KKN-T yaitu pada 8-9 Agustus 2022. Pada hari Senin (8/8/22), pelaksanaan program AMPLI diperuntukkan untuk kelas X jurusan Multimedia (MM) dan hari Selasa (9/8/22) pelaksanaan diperuntukkan untuk kelas X jurusan Teknik Jaringan Komputer (TKJ).

Mahasiswa KKN-T UNIWARA dalam melaksanakan program Ambisi Pelajar Literasi (AMPLI) berusaha memberikan pengetahuan kepada siswa terkait apa itu literasi khususnya dalam hal menulis. Mahasiswa menjelaskan mengenai konsep literasi, lalu mengenai apa itu menulis, apa saja manfaat dari menulis, apa saja jenis-jenis tulisan, bagaimana cara menulis secara umum, dan bagaimana cara menulis serta menyusun makalah dengan baik dan benar. Selain itu, siswa juga diminta untuk mencoba membuat tulisan sederhana seperti puisi, pantun, atau surat yang dibacakan di kelas secara langsung.

"Semoga program ini juga dapat membantu adik-adik di SMK Muhammadiyah 1 Pasuruan untuk dapat menulis karya tulis terutama makalah yang biasa ditugaskan dalam mata pelajaran," ujar salah satu mahasiswa KKN-T. Program ini juga diharap dapat menjadi pacuan siswa untuk mengikuti perlombaan yang diadakan oleh mahasiswa KKN-T yaitu "Si Paling Kreatif" yang mana lomba tersebut merupakan lomba menulis karya tulis baik itu puisi, cerpen, atau teks berita. 

"Saya dapat penjelasan yang baik tentang menulis," ujar Neisya siswa kelas X jurusan MM.

"Iya, Kak Alhamdulillah jadi ngerti apa itu puisi, apa itu isinya puisi, membuat daftar isi, dan lain sebagainya. Alhamdulillah paham, Kak," ujar Rafli siswa kelas X jurusan TKJ.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline