Lihat ke Halaman Asli

Bagaimana Sich... Pembelajaran Musik di SD?

Diperbarui: 26 Juni 2015   10:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pembelajaran musik di SD memang menjadi hal yang harus diperhatikan karena di SD menjadi dasar bagaimana anak ke depannya menyukai musik. Jika di SD anak sudah menyukai pelajaran musik, maka anak tersebut akan lebih terkembang jiwa seninya di kemudian hari. Anak juga akan lebih terasah bakatnya, selain itu anak juga senang.

Akan tetapi, terkadang di sekolah dasar pembelajaran seni musik kurang diperhatikan. Padahal dengan musik anak akan tergugah semangatnya apabila sudah bosan belajar mata pelajaran lain. Dengan menyanyikan lagu yang senang misalnya perasaan anak juga akan menjadi senang sehingga dalam mengikuti pelajaran anak menjadi bersemangat kembali.

Kebanyakan pembelajaran musik hanya ditekankan pada menyanyi saja. Padahal seni musik itu bukan hanya menyanyi tapi dapat juga bermain alat musik, membirama, bergerak mengikuti musik bahkan yang sederhana yaitu mendengarkan musik juga merupakan salah satu aktifitas belajar musik.

manfaat seni musik bagi anak SD, apa saja?

dengan mendengarkan musik misalnya untuk kelas I akan menciptakan kesukaan anak terhadap musik, hal itu juga dapat mengembangkan kepekaan rasa anak dalam menghayati lagu. Selain itu, jika anak mulai menyukai lagu itu maka anak akan mencoba menghafalkan lirik dari lagu tersebut, sehingga secara tidak langsung hal tersebut akan membantu siswa dalam mengingat dan menghafal terutama untuk kelas I dan II. Kegiatan seperti itu memungkinkan siswa akan menemukan cara belajar untuk pelajaran yang lain dengan cara dinyanyikan seperti lagu kesukaannya. Dengan musik guru juga bisa membuat kreatifitas cara mengajar misalnya agar lebih memudahkan menghafal maka materi dibuat dalam bentuk lagu atau nyanyian yang disukai anak.

Bagaimana sich... caranya?

Kegiatan yang dapat dilakukan dalam membelajarkan musik di SD harus dimulai dari hal yang mudah ke yang kompleks, agar anak tidak merasa bahwa musik itu sulit, dan hal tersebut juga lebih mudah dipelajari siswa.

Kegiatan yang dapat dilakukan anatara lain:

ØMendengarkan musik.

Dengan mendengarkan musik akan diperoleh rasa anak, kecintaan terhadap musik dan lagu.

ØMenyanyikan lagu

Dalam menyanyikan lagu juga dimulai dari hal yang mudah. Untuk anak kelas satu dan dua dipilihkan lagu anak yang sederhana dengan birama 2/4 atau ¾ dan tidak terlalu panjang. Sedangkan untuk kelas atas dipilihkan lagu yang agak panjang dengan birama 4/4 atau 6/8 baik lagu wajib maupun lagu anak.

ØMengikuti gerak lagu

Untuk kegiatan ini dapat dilakukan baik di kelas rendah maupun di kelas tinggi. Dalam melakukan gerakan ini disesuaikan dengan birama lagu yang dinyanyikan.

ØMembirama

Untuk kegiatan membirama dapat dilakukan di kelas tinggi, agar siswa benar-benar paham. Untuk latihan kegiatan ini dapat dilakukan secara klasikal, sambil menyanyikan lagu bersama.

ØMembaca notasi musik

Kegiatan ini akan akan membantu pada saat guru mengenalkan atau membelajarkan tentang birama lagu dan juga not-not musik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline