Lihat ke Halaman Asli

Zeystin NurAprilia

mahasiswa PGMI'22 UIN JAKARTA

Presentasi Ilmiah dalam Media Pembelajaran Active Learning

Diperbarui: 11 Maret 2023   13:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo sobat kompasiana!!

Sebelumnya kalian sudah pernah dengar apa itu presentasi ilmiah? Dan apa itu media pembelajaran active learning? Kalau belum yuk,.. kita baca sedikit ulasan yang aku dapatkan dari pembelajaran ku di kelas saat matkul B.Indonesia 

Jadi presentasi ilmiah itu adalah suatu keterampilan atau teknik berbicara dalam menyampaikan gagasan, pendapat ataupun informasi kepada khalayak umum. Untuk presentasi ilmiah yang efektif diperlukan kemampuan Public Speaking juga, Public Speaking adalah kemampuan berbicara dengan baik dan benar saat di depan umum. Saat menjadi public speaking kita di tuntut harus menjaga etika, baik itu dalam berpenampilan, perkataan maupun perbuatan, dan tak lupa juga pemilihan diksi kata ketika menjadi public speaking juga harus sangat diperhatikan karena pedoman berbahasa yang baik adalah sebagai media pengantar yang efektif. Menjadi Public Speaking juga harus berhati hati agar tingakh laku ataupun perkataan tidak merugikan atau menyinggung orang lain.

Nah, metode active learning itu metode yang dipakai ketika aku belajar prsentasi ilmiah dikelas, dengan metode actuv learning aku bisa lebih cepat memahami materi yang disampailan guruku.  Active learning itu pembelajaran yang menggunakan lebih banyak kontak antara murid ke guru maupun murid ke mutid lainya. Misal seperti murid dibagi beberapa kelompok dan dari kelompok itu dipecah lagi menjadi kelompok yg lebih sedikit dan ketika dipecah itu murid harus bisa mencari informasi yang di daapt do kelompok itu, ketika sudah selesai murid kembali ke kelompok awal dan menyampaikan segala informasi yang dia dapatkan di kelompon sebelumnya, dengan demikian keberanian si myrid akan di uji dengan harus sebisa mungkin mendapat informasi yang konkrit dan harus berani menyampaikannya di depan murid yang lain, tak lupa juga metode active learning biasanya di selipkan beberapa ice breaking aatu biasa disebut pemecah suasana agar ketika si kurid mulai bosan dengan materi karena dengan di adakannya ice breaking semangat si murid menjadi bertambah kembali.

Semoga informasi yang saya tilis dapat bermanfaat bagi kalian, jangan lelah mencoba ya teman!!.

Terimakasih sudah membaca☺️




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline