Lihat ke Halaman Asli

Zennita Meida Abdillah

owner @mamame.cake

Mari Kumpulkan Data untuk Sensus Penduduk yang Merata

Diperbarui: 29 Oktober 2022   21:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Petugas sensus penduduk Desa Padamukti, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung siap turun ke lapangan untuk mengumpulkan data-data dan identitas  penduduk sebanyak 13 RW.

"Sensus penduduk merupakan kegiatan mencatat dan mendata indentitas dari setiap penduduk mulai dari mata pencaharian, penghasilan, keadaan rumah termasuk luas lahan dan kepemilikan tanah, dan lain sebagainya", ujar salah satu Petugas Pengawas Sensus, Asep Hadian, (17/10/2022).

Sensus penduduk dilakulan secara Nasional dengan waktu yang serentak. Semua elemen masyarakat terlibat dalam kegiatan ini karena semua masyarakat harus memberikan data dan identitas selengkap-lengkapnya kepada petugas sensus didaerah setempat.

Asep menambahkan, petugas sensus Desa Padamukti berjumlah 13 orang. 10 orang sebagai petugas lapangan dan 3 orang sebagai petugas pengawas. 

Petugas lapangan bertugas untuk mengumpulan dan mencatat identitas dan data penduduk secara langsung turun ke lapangan dan mendatangi rumah penduduk, sedangkan petugas pengawas bertugas mengawasi dan memeriksa data hasil dari kinerja petugas lapangan.

"Sejauh ini pelaksanaannya berjalan dengan baik, tetapi ada beberapa kendala yang pertama, terkadang setiap penduduk yang bersangkutan tidak ada dirumahnya hal itu menjadi salah satu penghambat bagi para petugas sensus. 

Kedua, masalah teknis tetapi masalah teknis dalam penggunaan gadget masih bisa diatasi langsung", pungkas Asep.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline