Lihat ke Halaman Asli

Meminum Teh dengan Baik dan Benar

Diperbarui: 26 Juni 2015   11:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Siapa sih yang tidak kenal dengan yang namanya teh. Teh berasal dari pucuk daun teh yang di keringkan dengan berbagai cara sehingga menghasilkan teh yang siap diseduh untuk diminum. Teh merupakan minuman yang sudah tidak asing lagi di indonesia atau di indonesia. Minuman ini bisa diminum kapan saja tetapi biasanya diminum sehabis makan, atau saat sedang santai di pagi hari sambil membaca koran. Teh bisa diminum dalam keadaan panas atau hangat dan diminum dingin dengan menambahkan es. Sekarang teh juga di sajikan dalam kemasan botol dan mempunyai campuran rasa dengan buah-buahan

Di dalam teh terkandung berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh kita seperti antioksidan polifenol, vitamin e, vitamin a dan sebagainya. Tetapi meminum teh tidak boleh asal-asalan karena ternyata jika kita tidak meminum teh dengan aturan yang benar, kita bisa mendapat pengaruh negatif dari kebiasaan meminum teh. Panduan meminum teh yang b aik adalah.

1.Maksimal meminum teh yang dianjurkan adalah 5 gelas ukuran 200ml setiap harinya. Karena didalam teh juga terkandung kafein yang tidak boleh terlalu banyak diminum oleh orang.

2.Kita seharusnya meminumteh dalam suhu yang sedang yang artinya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Karena jika kita meminum teh dalam suhu panas kita dapat terserang kanker tenggorokan.

3.Kita juga tidak boleh menyeduh teh melebihi suhu 80 derajat celcius. Karena jika terlalu panas, kandungan zat-zat baik yang terdapat dalam teh bisa hilang.

4.Jika anda belum makan sebelumnya atau perut dalam keadaan kosong di sarankan jangan meminum teh. Meminum teh saat perut anda sedang kosong bisa menyebabkan produksi asam lambung anda meningkat.

5.Jangan meminum teh yang sudah di campur dengan susu atau teh susu karena dipercaya mengurangi zat stimultan pada teh. Tetapi sebaiknya meminum teh lemon(lemon tea), teh ini dapat membantu melindungi sistem pencernaan kita dan juga dapat mencegah kerang pada dinding usus.

6.Ubah kebiasaan meminum teh yang terlalu manis dengan banyak gula karena dapat mengurangi zat-zat gizi yang baik dalam teh. Teh yang terlalu manis juga dapat menyebabkan datangnya penyakit kencing manis alias diabetes melitus.

7.Walaupun sudah menjadi kebiasaan kita tetapi usahakan jangan meminum teh pada saat kita makan atau sesudah makan di karenakan zat stimultan yang terdapat pada teh bisa mengurangi gizi makanan kita

8.Bagi ibu-ibu hamil jangan terlalu meminum teh, kafein dan zat stimultan dalam teh bisa mengakibatkan kontraksi rahim. Bagi ibu-ibu menyusui meminum teh bisa mengganggu produksi air susu ibu

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Oleh Zendi Agta mahasiswa PSIK UNDIP




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline