Lihat ke Halaman Asli

Sejuta Manfaat dari Si Kecil Ciplukan

Diperbarui: 18 Juni 2024   03:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Tahukah kamu Buah ciplukan? Buah ciplukan atau Physalis angulata L. merupakan tumbuhan liar yang tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia. Tanaman ciplukan atau dikenal sebagai "cecenet" oleh orang sunda adalah tanaman yang sering ditemukan di sawah atau ladang, serta seringkali dianggap sebagai gulma dan kurang mendapat perhatian dibandingkan dengan buah-buahan lain yang lebih popular.

Meskipun berukuran kecil, buah cipkukan ini memiliki kandungaan gizi yang tidak kalah baik lo daripada buah-buahan lainnya. Buah ciplukan kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas. Di dalam buah ciplukan juga kita dapat menemukan kandungan Vitamin A dalam bentuk beta-karoten yang melimpah, yang berperan dalam kesehatan mata dan kulit. Adapun kandungan lain yang terkandung dalam buah ciplukan diantaranya yaitu kalsium yang berperan dalam pertumbuhan tulang, zat besi yang berperan dalam mengatur produksi hemoglobin dan mengatasi anemia, zat fosfor yang berfungsi dalam proses metabolisme, vitamin K yang berfungsi dalam proses pembekuan darah dan koagulasi, vitamin E, tiamin, riboflavin, niasin, dan lutein (calvin,2022). Buah ciplukan juga mengandung senyawa fitokimia seperti flavonoid dan polifenol yang memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang baik bagi tubuh (I Gusti & Ni Made, 2023). 

Berkat kandungan nutrisi yang dimilikinya, buah ini memiliki banyak manfaat tersembunyi yang mungkin tidak banyak orang tau, di antaranya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung, dimana kandungan antioksidan dan serat dalam buah ciplukan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, buah ciplukan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan Tubuh loh. Vitamin C dan senyawa fitokimia dalam buah ciplukan berperan dalam peningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi. Adapun manfaat lainnya dari buah ciplukan adalah dapat menjaga kesehatan tulang dan dapat membantu melawan peradangan.

Buah ciplukan ini dapat dikonsumsi dalam bentuk segar, jus, atau diolah menjadi berbagai produk makanan seperti selai, sirup, dan manisan. Selain itu, buah ciplukan juga berpotensi untuk dikembangkan sebagai suplemen kesehatan atau bahan baku obat herbal karena khasiatnya yang beragam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline