Lihat ke Halaman Asli

Leadership!!

Diperbarui: 24 Juni 2015   05:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Leadership adalah proses memengaruhi atau memberi contoh dari pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai suatu tujuan organisasi. Cara alamiah mempelajari kepemimpinan yaitu "melakukannya dalam kerja" dengan praktik .Dalam hubungan ini sang ahli diharapkan sebagai bagian dari perannya memberikan pengajaran/instruksi.

Dalam bahasa Indonesia "pemimpin" sering juga disebut sebagai pemuka, pelopor, pembina, panutan, pembimbing, pengurus, penggerak, ketua, kepala, penuntun, raja, tua-tua, dan sebagainya. Sedangkan istilah Memimpin digunakan dalam konteks hasil penggunaan peran seseorang berkaitan dengan kemampuannya mempengaruhi orang lain dalam  berbagai cara.

Istilah pemimpin, kemimpinan, ataupun memimpin pada mulanya berasal dari kata dasar yang sama "PIMPIN". Namun demikian ketiganya digunakan dalam konteks yang berbeda-beda. Pemimpin adalah suatu lakon/peran dalam sistem tertentu,karenanya seseorang dalam peran formal belum tentu memiliki ketrampilan kepemimpinan dan belum tentu juga dia mampu untuk memimpin. Istilah Kepemimpinan pada dasarnya berhubungan dengan ketrampilan, kecakapan, dan tingkat pengaruh yang dimiliki seseorang. Oleh sebab itu kepemimpinan tidak hanya bisa dimiliki oleh orang yang benar-benar ditugaskan sebagai "PEMIMPIN".

Kepemimpinan merupakan titik sentral dan penentu kebijakan dari kegiatan yang akan dilaksanakan dalam oraganisasi. Kepemimpinan adalah aktivitas yang mempengaruhi perilaku orang lain agar supaya mereka mau diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu. Didalam kepemimpinan terdapat sifat kepribadian yang rela dalam melakukan tuhas-tugas yang dibebankan,penuh semangat,pantang meyerah,ada kegembiraan dalam batin dan merasa tidak terpaksa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline