Membangun adalah mendirikan atau mengadakan suatu hal yang kita inginkan. Ide adalah pemikiran atau gagasan utama. Sedangkan dalam ilmu ekonomi bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.
Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Jadi membangun ide bisnis adalah mendirikan suatu perencanaan atau pemikiran suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mencapai tujuan dan mendapatkan laba.
Dalam membangun ide bisnis ini terdiri dari 3 aspek yang meliputinya yakni :
1. Menyusun Strategi
Strategi merupakan langkah, taktik atau tindakan yang harus ada dalam sebuah wirausaha. Suatu wirausaha yang ingin bersaing dengan kelas dunia, tentunya wirausaha itu harus memiliki sebuah managemen yang bagus, baik, operasi yang lebih baik terutama terhadap pelayanan, kemudian memiliki produk yang berkualitas tinggi dan baik dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat, komunikasi dan informasi yang jelas. Anda juga harus pintar menyusun strategi pemasaran, promosi, penjualan dan strategi bisnis lainnya.
2. Menganalisis Peluang Usaha dengan Analisis SWOT
Untuk dapat menganalisis peluang usaha bisa dengan menggunakan Analisis SWOT yaitu,
A. Strength adalah kekuatan apa yang akan mendukung usaha kita untuk mencapai sasaran.
B. Weakness adalah kelemahan apa yang membatasi atau menghambat usaha kita.
C. Opportunity adalah peluang usaha apa saja yang menguntungkan dan sesuai dengan kemampuan