Lihat ke Halaman Asli

Zeko Pasrito

Wira Usaha

Dandim 1311/Morowali dengan Bangga Menyambut Kedatangan 13 Personel Komcad

Diperbarui: 23 Agustus 2023   10:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pengarahan Letnan Kolonel Inf Alzaki M.M., M.B.A., M.M.A.S, Komandan Kodim 1311/Morowali kepada 13 Personel Komcad

Kamis, 23 Agustus 2023

Dandim 1311/Morowali Bangga dengan Kedatangan 13 Personel Komcad dan Mewajibkan Mereka Menerapkan 8 Wajib TNI Dalam Berhubungan Dengan Masyarakat

Dokumentasi Pengarahan Letnan Kolonel Inf Alzaki M.M., M.B.A., M.M.A.S, Komandan Kodim 1311/Morowali kepada 13 Personel Komcad

Kabupaten Morowali - Hari ini, dengan rasa bangga dan haru, Kodim 1311/Morowali menyambut kedatangan 13 personel Komando Cadangan (Komcad) yang baru saja menyelesaikan pelatihan intensif di Markas Pusat Pendidikan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Kopassus, Batujajar. Kehadiran mereka akan memberikan kekuatan baru serta semangat dalam mendukung tugas-tugas krusial jika dibutuhkan, khususnya dalam menghadapi kondisi darurat seperti bencana alam.Dalam sebuah upacara penutupan yang dihelat di Pusdiklatpassus, Kopassus, 13 personel Komcad ini secara resmi dinyatakan sebagai bagian integral dari sistem pertahanan semesta. Dengan latar belakang dan keterampilan yang beragam, mereka siap untuk melaksanakan berbagai tugas yang kompleks dan beraneka ragam, bila diperlukan dalam situasi darurat.

Program Komponen Cadangan (Komcad) menjadi manifestasi komitmen sukarela yang diatur oleh UU No. 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara. Konsep ini menciptakan sebuah wadah yang berbeda dari wajib militer, di mana setiap anggota Komcad menyumbangkan kontribusi sukarela untuk memperkuat kekuatan TNI dalam menghadapi aneka tantangan, baik dalam konteks pertahanan nasional maupun dalam penanganan bencana alam. Program ini merangkum empat komponen utama: sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya buatan, dan sarana-prasarana.

Mengamati perkembangan situasi global, negara-negara besar seperti Amerika Serikat dan Singapura telah berhasil menjalankan program Komcad dengan sukses. Di tengah dinamika lingkungan global yang terus berubah, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memegang teguh kesiapan pertahanan dan mempertinggi kapabilitas dalam rangka menjaga kedaulatan serta menghadapi berbagai ancaman, termasuk di dalamnya bencana alam. Komcad diharapkan menjadi salah satu penopang penting dalam memperkuat kekuatan TNI dan mendukung stabilitas nasional.

Dalam kesempatan bersejarah ini, Letnan Kolonel Inf Alzaki M.M., M.B.A., M.M.A.S, Komandan Kodim 1311/Morowali, dengan tegas menyatakan, "Saya dengan penuh semangat menyambut kepulangan 13 personel Komcad. Sebagai anggota keluarga besar Kodim 1311/Morowali, saya mewajibkan mereka untuk menerapkan 8 Wajib TNI dalam berinteraksi dengan masyarakat di wilayah Morowali dan Morowali Utara. Dalam setiap interaksi dengan rakyat, kami mengharapkan mereka selalu mempraktikkan sikap ramah tamah, sopan santun, menghormati kehormatan wanita, menjaga martabat diri di hadapan publik, menjadi contoh dalam perilaku dan kesederhanaan, tidak menyakiti rakyat, tidak menakut-nakuti atau menyakiti hati mereka, serta menginisiasi upaya-upaya untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi masyarakat sekitar kita. Masing-masing individu yang bergabung membawa potensi dan gairah berharga, yang akan berkontribusi secara positif dalam pelaksanaan tugas-tugas kami."

Kodam 1311/Morowali tetap mengkomitmenkan diri untuk terus meningkatkan kesiapan dan kapabilitas operasionalnya dalam rangka menjaga keamanan serta kedaulatan wilayah. Adanya personel Komcad ini diharapkan akan lebih lanjut memperkuat posisi dan adaptabilitas Kodim 1311/Morowali dalam menghadapi berbagai dinamika yang terus berkembang di lingkungan sekitarnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline