Lihat ke Halaman Asli

Jauh dari Pusat Kota, Pelayanan di Puskesmas Cigombong Tak Kalah Lengkap

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

BOGOR. Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di daerah yang jauh dari pusat keramaian kerap lekat dengan kesan kumuh dan serba kekurangan. Namun hal itu tidak ditemukan di Puskesmas Cigombong yang berada di Kabupaten Bogor. Cigombong menjadi salah satu puskesmas yang memiliki program unggulan dan pelayanan dengan kualitas yang baik. Selain itu pelayanan BPJS sudah sangat dimudahkan dan rata-rata masyarakat sekitar sudah memiliki kartu jaminan kesehatan BPJS.

“Pelayanan di puskesmas ini sudah baik, walaupun harganya murah tapi tetap berkualitas dan sesuai dengan kantong masyarakat”. Ujar Susi salah satu pasien dari Puskesmas Cigombong (12/03/2015).

Fasilitas seperti Apotek, Laboratorium, Klinik gigi, Klinik Umum, Klinik lansia, UGD dan kamar rawat inap tersedia untuk digunakan. Pelayanan yang diberikan cukup memadai, seperti rumah sakit sederhana. Selain memiliki fasilitas yang lengkap, puskesmas ini juga memiliki program unggulan yang menjadi andalan masyarakatnya.

"Saat ini Puskesmas Cigombong sedang menerapkan program KIA (Program Khusus Ibu Hamil), Program KIA dilakukan agar Ibu hamil siap mental dan fisik saat lahiran agar proses lahiran bisa berjalan lancar”. Ujar Tri Mulyati selaku koordinator Bidan di Puskesmas Cigombong.

Jam operasional Puskesmas ini cukup panjang, kecuali hari jumat dan sabtu. Penyuluhan program puskesmas sering dilakukan sehingga memudahkan pasien untuk berinteraksi mengenai keluhannya. Pihak puskesmas berharap dapat mengoptimalkan pelayanan dan program-program agar kualitas Puskesmas Cigombong semakin baik. (ZFM)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline