Lihat ke Halaman Asli

Zazilatul Rochma

Asisten Dosen

Bentuk Kegiatan Pembelajaran Proyek Desa di Kecamatan Kalisat, Jember Jawa Timur

Diperbarui: 7 Juli 2022   23:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Proyek Desa merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sebagai aplikasi wujud kepedulian Universitas Muhammadiyah Jember terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Dalam pelaksanaannya mahasiswa diberi pengetahuan untuk hidup bermasyarakat secara langsung, 

juga mengidentifikasi serta memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan bagi mahasiswa, dan untuk membantu meningkatkan taraf hidup menuju masyarakat terbina.

Kegiatan tersebut memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar secara langsung selama satu semester dengan cara terjun langsung ke desa untuk sistem pelaksanaan, mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 6-13 orang dengan pembagian desa yang mendekati tempat tinggal mereka.

Ada tiga skema program BKP Proyek Desa yang dilakukan selama kegiatan yaitu pendataan stunting melalui aplikasi Simonting, pengaplikasian SIPADES (Sistem Pengelolaan Aset Desa) , dan ekonomi kreatif dan desa wisata. Ketiga hal tersebut dipilih berdasarkan kebutuhan Pemerintah Kabupaten Jember yang membutuhkan data dari ketiga aspek tersebut.

Program kerja sama antara pemerintah kabupaten jember dan institusi p;endiidikan ini merupakan progran yang sangat baik untuk menjadi wadah mahasiswa berkembang dan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh. Selain itu, program ini juga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang memerlukan bantuan serta pada daerah yang memiliki potensi pengembangan ekonomi  lebih baik.

Pentingnya program kegiatan BKP Proyek desa ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pembelajaran yang membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar secara langsung dari dunia nyata dengan mempraktikkan experiental learning.

 Atau  merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus dan secara langsung bersama -- sama masyarakat mengidentifikasi potensi serta menangani masalah sehingga diharapkan mampu mengembangkan potensi desa, meramu solusi untuk masalah, dan mengungkapkan fakta/ fenomena yang ada di desa.  

Kegiatan BKP bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan dapat mengasah soft skill kemitraan, kerja sama tim lintas disiplin/keilmuan (lintas kompetensi), dan leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah pedesaan. 

Interaksi mahasiswa dengan masyarakat di desa, akan membangun empati serta kepekaan mahasiswa terhadap persoalan sosial kemasyarakatan. Program BKP Proyek desa ini, akan mengembangkan kemampuan mahasiswa berpikir secara kritis, kreatif, serta dapat menyelesaikan problem atau masalah,dan dapat membantu percepatan pembangunan di wilayah pedesaan.

Kegiatan BKP yang dilakukan adalah (Program pengabdian masyarakat melalui kegiatan BKP oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah jember dengan mendata, mengedukasi, dan pendampingan mengenai gizi seimbang yang dapat membantu peningkatan pemahaman danpengelolaan gizi keluarga diharapkan dapat mengoptimalkan upaya penurunan stunting.

Dengan mendata anak stunting dari 12 desa dengan umur balita dari 0-5 tahun terutama balita terlambat pertumbuhannya karena gizi setelah di data diinput  dimasukkan di aplikasi simonting , Aplikasi simonting adalah aplikasi mendata anak stunting.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline