Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Fuadi Syaban

Mahasiswa Universitas Airlangga

Mengungkap Dampak Positif Dibalik Stigma Negatif yang Sering Melekat pada Game Online pada Remaja

Diperbarui: 25 Mei 2023   12:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Games. Sumber ilustrasi: Unsplash

Game online merupakan jenis permainan yang dimainkan melalui jaringan internet. Dalam game online, pemain dapat terhubung dengan pemain lain di seluruh dunia. Pemain dapat berinteraksi, bekerja sama, atau bersaing dengan pemain lain dalam lingkup game. 

Berbagai jenis genre, seperti aksi, petualangan, RPG (peran), dan strategi bisa didapatkan ketika kamu bermain game online. Pemain dapat memilih karakter, membangun atau mengatur strategi, berkomunikasi dengan pemain lain, dan menyelesaikan misi, tantangan, atau kemenangan yang ditawarkan dalam game online.

Untuk bermain game online, pemain memerlukan akses internet dan perangkat yang mendukung, seperti komputer, atau perangkat mobile. Mereka dapat terhubung ke server game yang menyediakan platform untuk memfasilitasi interaksi antar pemain.

Dalam era digital saat ini, game online merupakan hal yang sangat populer dikalangan remaja. Di balik sisi negatif yang melekat pada game online bahkan seringkali dianggap sebagai kegiatan yang merugikan, kita juga perlu mengakui bahwa game online juga memiliki dampak positif untuk perkembangan remaja. Dalam artikel ini kita akan mengungkapkan beberapa dampak positif game online yang dapat dirasakan pada remaja.

1. Pengembangan Keterampilan Kognitif :

Game online dapat membantu meningkatkan ketrampilan kognitif seperti logika, menalar, membaca dan mengingat. Game online menuntut mereka untuk menyelesaikan masalah, berpikir kritis, dan mencari solusi yang paling tepat. Melalui game online ini mereka dapat belajar melatih konsentrasi, logika, menghadapi suatu masalah dan berpikir secara efektif.

2. Peningkatan ketrampilan sosial :

Banyak game online yang menuntut para pemain untuk saling berinteraksi dengan pemain lain. Melalui fitur komunikasi ini mereka dapat membangun kerja sama tim, berkomunikasi dengan pamain lain, menghargai perbedaan pendapat, dan membangun hubungan sosial yang positif meskipun dengan orang orang dari latar belakang yang berbeda. Ini dapat membantu meningkatkan kemampuan sosial mereka dan membangun keterampilan interpersonal yang penting dalam kehidupan sehari-hari.

3. Pengembangan ketrampilan teknologi : 

Di era digital saat ini, pemahaman dan penguasaan tentang teknologi sangat penting. Para remaja yang sering bermain game online akan diperkenalkan dengan dunia teknologi yang membantu mereka memahami penggunaan perangkat digital, navigasi online, dan konsep dasar pemrograman. Ketrampilan teknologi ini sangat berharga agar setiap individu dapat bersaing di era digital saat ini.

4. Melatih pengendalian emosi :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline