Lihat ke Halaman Asli

Mudahnya Bertransaksi dengan E-wallet

Diperbarui: 17 Agustus 2024   17:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Teknologi semakin berkembang seiring perkembangan zaman, kini membayar bisa jadi lebih mudah dengan menggunakan dompet digital (E-wallet). Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan dompet digital meningkat pesat di seluruh dunia, termasuk di negara kita indonesia. Dengan menggunakan aplikasi e-wallet kita bisa dengan mudah bertransaksi, selain digunakan untuk bertransaksi juga bisa digunakan untuk menyimpan uang dan berbelanja secara online. Di era digital ini e-wallet menjadi semakin populer karna memudahkan dan mempercepat aktivitas transaksi, dengan e-wallet kita tidak perlu repot untuk membawa uang kemana-mana, cukup dengan membawa handphone kita dapat melakukan berbagai macam jenis transaksi.

  E-wallet atau dompet digital merupakan sebuah aplikasi berbasis smartphone dengan sistem pembayaran elektronik yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan uang, dan memungkinkan pengguna untuk mengelola uang secara digital. Kita bisa melakukan berbagai transaksi seperti pembayaran belanja secara offline atau online, tranfer uang, dan juga pembayaran tagihan tanpa perlu menggunakan uang tunai atau kartu fisik (kartu debit maupun kartu kredit).

 Cara menggunakan dompet digital atau e-wallet sangatlah mudah dan sederhana. Berikut adalah cara kerja dari e-wallet :

  • Mengunduh aplikasi e-wallet : Kita sebagai calon pengguna bisa mengunduhnya melalui platform resmi contohnya Google Play Store atau Apple App Store.
  • Mendaftar akun di aplikasi e-wallet : Pendaftaran bisa dilakukan dengan cara memasukkan informasi pribadi.
  • Top up saldo : Ketika akun telah terdaftar, kita bisa mengisi saldo melalui berbagai metode, diantaranya yakni transfer bank, kartu debit, ataupun melalui toko atau kedai yang berkerja sama.
  • Transaksi ; Setelah mempunyai saldo di aplikasi dompet digital, kita dapat melakukan transaksi dengan memilih fitur pembayaran yang tersedia di aplikasi yang sesuai keinginan dan kebutuhan.
  • Keamanan : Dalam aplikasi e-wallet terdapat berbagai macam lapis keamanan, diantaranya ialah PIN, sidik jari, juga enkripsi. Semua fitur keamanan tersebut ada untuk melindungi keamanan informasi dan data pribadi kita sebagai pengguna dompet digital, dan juga fitur tersebut digunakan untuk melakukan transaksi digital.

  Banyak sekali manfaat atau keuntungan yang bisa kita dapatkan dari menggunakan dompet digital, diantaranya :

  • Mudah dan Cepart dalam Bertransaksi : E-wallet membuat transaksi kita menjadi lebih mudah dan cepat tanpa perlu repot membawa cash dan mengeluarkan uang dari dompet. Dengan memakai e-wallet sebagai alat transaksi kita juga tidak perlu menunggu proses pembayaran yang lama.
  • Keamanan : Fitur keamanan yang canggih di aplikasi e-wallet dapat mengurangi resiko pencurian atau kehilangan uang bahkan penipuan. Sehingga pengguna e-wallet tidak perlu khawatir karna e-wallet dilengkapi berbagai fitur keamanan.
  • Pengelolaan Keuangan : Apabila kita menggunakan e-wallet, kita akan sangat terbantu untuk mengelola keuangan pribadi, karna kita bisa dengan mudah melacak pengeluaran dan pendapatan melalui aplikasi tanpa perlu menghitungnya seperti uang cash.
  • Banyaknya Promo dan Diskon : Di dalam aplikasi e-wallet seringkali memberikan promo dan diskon menarik, hal tersebut akan menguntungkan pengguna, terlebih untuk pengguna baru.

Banyaknya Fitur : Beragam fitur dalam aplikasi dompet digital bisa kita gunakan, selain untuk bertransaksi aplikasi e-wallet juga bisa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan uang hasil jualan online, membayar tagihan air maupun listrik, dan layanan fitur lain.

Akan ada kesulitan dan tantangan yang dihadapi oleh beberapa orang ketika menggunakan aplikasi dompet digital atau yang biasa kita sebut e-wallet, yaitu :

  • Gaptek ( gagap teknologi ) : Apabila kita kurang mampu dalam menggunakan atau mengoperasikan teknologi akan berpengaruh dalam menggunakan e-wallet, hal tersebut bisa menjadi hambatan dalam penggunaan aplikasi e-wallet.
  • Koneksi Internet : Saat menggunakan aplikasi e-wallet membutuhkan koneksi internet yang stabil seperti kita menggunakan aplikasi online lainnya, sehingga jika berada di daerah yang aksesnya masih terbatas akan mebuat aplikasi menjadi susah digunakan.
  • Keamanan Data ; Walaupun dalam aplikasi dompet digital tersedia banyak fitur keamanan tetapi tetap saja kita harus berhati-hati karna resiko kebocoran data dan penipuan tetap ada.

E-wallet telah menjadi bagian penting dari ekosistem pembayaran digital di Indonesia. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, e-wallet memberikan2 kemudahan dan efisiensi dalam bertransaksi. Meskipun ada tantangan yang harus dihadapi, potensi e-wallet untuk menggantikan metode pembayaran tradisional sangat besar. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk memahami dan memanfaatkan teknologi ini secara bijak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline