Lihat ke Halaman Asli

Kebenaran Bukan Merupakan Tindakan Terpuji?

Diperbarui: 25 Juni 2015   02:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

"Kebenaran bukan merupakan tindakan terpuji?"

Kalimat tersebut baru saja aku peroleh. Kebenaran bisa dipandang dari berbagai sudut pandang, sedangkan terpuji dilihat dari satu sudut pandang kebenaran yang sejati, yang sulit aku tahu kebenaran seperti apa itu.

Kemarin, aku mendapati kejadian. Aku membutuhkan ban baru untuk sepeda motorku, sedangkan rumahku membutuhkan uang yang sebenarnya lebih penting, yaitu untuk makan sehari-hari. Aku memilih membeli ban baru daripada menunda dan memberikan uangnya untuk rumah, dengan pertimbangan, situasi rumah yang selalu butuh uang untuk kebutuhan sehari-hari yang tidak ada habisnya, dan jika aku tidak mendahulukan ban motor, entah kapan aku bisa membelinya. Tanpa sepeda motor yang sehat, aku sendiri akan kesulitan untuk mendapatkan uang, karena usahaku juga di lapangan, yang tentunya sepeda motor adalah sarana yang sangat vital buatku.

Disinilah, aku sadar. Uangku habis untuk sepeda motor, berarti tidak ada uang untuk kebutuhan makan di rumah. Aku dihantui rasa takut. Bagaimana jika keluargaku, bapak dan adik-adikku tidak makan, bagaimana jika nanti karena tidak makan menjadikan mereka terkena sakit, bagaimana jika nanti ada apa-apa dengan bapakku yang memang sudah sakit-sakitan. Sejenak tadi aku berpikir, aku benar, karena jika menuruti kebutuhan rumah dan tidak mengganti ban motorku yang juga sudah botak, bisa jadi malah nantinya membahayakan aku sendiri di jalan. Tapi sekarang aku harus berpikir keras bagaimana cara mendapatkan uang secepatnya untuk kebutuhan rumah, yang padahal tidak mungkin mudah kudapatkan begitu saja, dan harus aku cari dengan berusaha lebih lagi. Bukan rasa menyesal, hanya ketakutan saja. Takut aku salah mengambil sikap.

Kebenaran bukan merupakan tindakan terpuji? Itu yang aku pikirkan sampai sekarang ini.

dari wordpress saya:

http://zasseka.wordpress.com/2012/07/12/kebenaran-bukan-merupakan-tindakan-terpuji




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline