Lihat ke Halaman Asli

Swiss Kecil di Indonesia

Diperbarui: 9 Juni 2024   17:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Helloo, Kalau kata pepatah tak kenal maka? ta'aruf dong. Salam kenal mina-san, Aku bisa dipanggil Auria. Kali ini aku mau cerita pengalaman aku berlibur ke Jawa Timur. Setiap tahun minimal sekali, aku dan keluargaku pergi liburan ke Kota Batu. Namanya unik yaa, Kota ini juga biasa disebut Kota Apel karena menjadi sentral penghasilan buah apel di Jawa Timur. Kota Batu adalah salah satu kota wisata dengan daerah pegunungan yang wilayahnya subur, serta panorama alam yang indah dan sejuk. Dengan keindahan yang dimiliki Kota Batu, kota ini dijuluki sebagai De Kleine Zwitserland atau Swiss kecil di Pulau Jawa. Kota Batu dulu adalah bagian dari Kabupaten Malang, namun sejak 17 Oktober 2001, Kota ini resmi ditetapkan sebagai kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang. 

Tempat yang paling sering aku kunjungi saat liburan adalah Jawa Timur Park (Jatim Park). Tempat rekreasi Jatim Park ini terbagi menjadi 3. Jatim Park 1 adalah tempat yang dibangun pertama kali. Di sini kita bisa bermain juga mendapat edukasi terutama edukasi anatomi tubuh, tempatnya disebut The Bagong Adventure. Selain itu juga ada Indonesia Heritage Museum, Taman Sejarah, dan Science Center.

Jatim Park 2 berisi Kebun Binatang yang dibagi menjadi tiga tempat, yaitu Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park. Disini juga ada tempat bermain dan ga kalah seru. Kita bisa menyapa satwa satwa lucu di Jatim Park 2 yang pastinya aman karena sudah ada penjaganya yaa.

Jatim Park 3 adalah tempat yang paling sering aku kunjungi, karena disini banyak sekali spot foto yang menarik, permainannya juga modern seperti VR (Virtual Reality) dan masih banyak lagi. Zona disini sangat beragam, ada Dino Park, Predator Fun Park, The Legend Star, Funtech Plaza, Millenial Glow Garden, dan Museum Musik Dunia.

Nah, selain ke Jatim Park, di Jawa Timur kita juga bisa mengunjungi Gunung Bromo yang tinggi nya sekitar 2392 mdpl. Perjalanan ke Bromo harus super sabar sihh karena peminatnya yang banyak, destinasi wisata ini biasanya ramai dikunjungi. Aku dan keluargaku ke bromo menaiki jeep, dan perjalanan dari penyewaan jeep ke bromo lumayan jauh. Meskipun menunggu antrian jalan yang terjal dan ramai, semua itu terbayar dengan pemandangan bromo yang indah banget. Disana kita bisa berfoto foto sepuasnya menikmati keindahan alam bromo, seperti Bukit Teletubbies, Pasir Berbisik, Kawah Bromo, Pura Luhur Poten, dan masih banyak lainnya. Di Bukit Teletubbies, Aku menaiki kuda untuk berkeliling, Kudanya cantik dengan rambut berwarna pink dan ter-urus, di tengah menaiki kuda, Aku juga diajari cara menunggangi kuda sendiri tanpa dikawal pemiliknya dan ini menjadi pengalaman favoritku di Bromo.

Masih banyak lagi wisata di Jawa Timur, seperti Museum Angkut, Wisata Bahari Lamongan, Pantai, Air terjun, Gunung, dan lain lain. Jangan lupa masukkin Jawa Timur ke wishlist rekreasi kamu yaa!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline