Meningkatkan Wawasan Internasional Melalui Pengenalan Budaya dan Pendidikan Antar Negara Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan Internasional

Diperbarui: 28 Januari 2024   18:02

Angkatan 2020 Pendidikan Bahasa Arab UMY (dokumen KKL)

Yogyakarta (28-01-2024), mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta program studi Pendidikan Bahasa Arab Angkatan 2020 dengan jumlah 35 peserta telah melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan Internasional pada tanggal 9 Januari 2024 hingga tanggal 13 Januari 2024, kami berangkat pada hari Selasa 9 Januari 2024 berkumpul yang berlokasi di kampus pada jam 02.00 dini hari.

Untuk bisa melaksanakan KKL Internasional ini kami menghadapi lika-liku yang sangat panjang, karena untuk bisa pergi ke luar negeri kami membutuhkan biaya yang sangat lumayan besar, selain mendapatkan bantuan dana dari orangtua masing-masing, kami sebagai peserta KKL juga diadakan iuran uang KAS per bulan, dan mencari dana tambahan lain melalui berjualan serta mengajukan proposal.

Hari pertama keberangkatan pada hari Selasa 9 Januari 2024, kami berangkat dari kampus pada jam 03.00 dini hari menuju Yogyakarta Internasional Airport, sesampainya di bandara sembari menunggu jam cek in tiba, kami melaksanakan solat subuh terlebih dahulu, pada hari pertama tujuan pertama kami adalah negara Singapur, kami berangkat dari Yogyakarta pada jam 07.00 pagi hari dan sampai di Singapura pada jam 11.00.

Sesampainya di Singapura Changi Airport, kami bertemu dengan tour guide yang akan mengarahkan kami selama di Singapura, kami bertemu dengan Oma dan bang Azhar, dia adalah asli kewaraganegaraan Singapura. Setelah sampai di Singapura Oma mengajak kami mengunjungi Jewel Changi, disana kami disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang berbentuk bulat cincin.

Dikarenakan kami tidak bemalam di Singapura jadi kami mengunjungi banyak destinasi wisata yang ada disana selama seharian, setelah mengunjungi Jewel Changi kami menuju Arab Street Singapura untuk makan siang dan solat dzuhur di jamak dengan asar. Lokasi selanjutnya yang kami kunjungi adalah merlion, setelah dari merlion kami mengunjungi gardens by the bay dan menuju tempat pembelian oleh-oleh, dan wisata terakhir yang kami kunjungi di Singapura adalah Universal studios Singapur, dalam perjalanan dari Singapura menuju Malaysia kami berpisah dengan Oma karean dia tidak bisa ikut kami sampai Malaysia.

Sesampainya di Malaysia kami jam 12.00 malam dan kami langsung beristirahat di hotel untuk melanjutkan kegiatan esok hari. Hari kedua Rabu 10 Januari 2024 adalah hari pertama kami di Malaysia, pada hari kedua KKL kami berkunjung ke USIM disana kami disambut dengan baik oleh tuan rumah, salah satu teman kami saudara Ahmad Dzaki melakukan presentasi hasil penelitiannya yang  berjudul "pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif".

Setelah kunjungan kami menuju USIM kami lanjut menuju pusat pemerintahan Putra Jaya untuk melakukan makan siang dan sholat dzuhur, setelah makan siang dan foto-foto kami menuju masjid Sultan Salahudin Shah Alam menunggu waktu magrib, kunjungan terakhir pada hari kedua adalah Twin Tower Petronas setelah itu Kembali menuju hotel untuk beristirahat.

Hari ketiga kami melakukan kegiatan selanjutnya menuju UITM, disana Dosen Pembimbing Lapangan kami ustadzah Fitri Zakiyah melakukan seminar dan sharing session yang berjudul "Arabic for Tourism A New Perspective Of Arabic Learning In Indonesia", setelah kunjungan UITM kami menuju masjid Asy-Syakirin melakukan solat dzuhur, kemudian berkunjung ke Istana Negara dan terakhir di tutup dengan wisata malam ke I City Malaysia.

Hari selanjutanya hari ke empat kami berkunjung ke tempat salah satu alumni Prodi PBA yang berada di kampung bahru Malaysia, disana kami sharing session dengan beliau yang bertempat di sanggar bimbingan Muhammadiyah, kemudian melanjutkan sholat jum'at bagi laki-laki dan dilanjutkan dengan makan siang. Kegiatan selanjutnya kami menuju tempat oleh-oleh dan kembali ke hotel.

Pada malam terakhir kami di Malaysia kami mempunayi kegiatan masing-masing, anak laki-laki menuju pasa seni untuk makan malam sedangkan anak perempuan menuju Alor. Keesokan harinya pada hari kelima hari terakhir kami di Malaysia, pagi hari pada jam 07.00 kami menuju bandara Kuala Lumpur International Airport dan menuju dengan selamat di Yogyakarta pada siang hari.