Lihat ke Halaman Asli

Zarina Febry Aisya Putri

Mahasiswa Hubungan Internasional

Ekonomi Politik Internasional: Makna dan Urgensi dalam Dinamika Hubungan Internasional

Diperbarui: 29 Februari 2024   16:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pexels.com

Kata Ekonomi, Politik, dan Internasional bukan kata asing yang terdengar, terutama bagi kalangan akademik yang menekuni bidang hubungan internasional. Ekonomi Politik internasional merupakan konsep yang menjadi landasan untuk mengamati fenomena yang terjadi di tatanan internasional. Dalam hal ini, Ekonomi Politik Internasional memiliki makna tersendiri dalam studi Hubungan Internasional. Ekonomi Politik Internasional apabila diartikan per-kata atau diksi maka akan memiliki makna yang berbeda apabila dimaknai sebagai satu frasa. Untuk mengkaji lebih dalam, Artikel ini akan mengulas tuntas terkait artikulasi dari diksi Ekonomi, Politik, dan Internasional serta urgensinya dalam dinamika hubungan internasional.

Makna Ekonomi Politik Internasional

Istilah Ekonomi Politik telah dicetuskan oleh bapak ilmu ekonomi dunia yaitu Adam Smith dalam bukunya yang berjudul The Wealth of Nations tahun 1977. Menurutnya, Ekonomi politik adalah cabang ilmu yang mempelajari tindakan dari aktor atau negarawan dalam membuat undang - undang untuk mengelola perekonomian nasional. Namun, pengertian tersebut merupakan gambaran besar dari ekonomi politik saja.

Apabila Ekonomi Politik Internasional dibedah dari diksinya maka memiliki pengertian sebagai berikut;

Ekonomi memiliki arti ilmu yang mempelajari tindakan atau perilaku manusia dalam mengelola sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhannya.  

Politik memiliki makna kekuasaan yang meliputi dorongan atau paksaan, pengaruh, wewenang, serta kemampuan untuk mengendalikan atau mengatur. 

Internasional memiliki makna yang mengacu pada "lebih dari satu negara" yang mana menunjukan adanya eksistensi negara lain dan interaksi dari satu negara dengan negara lainnya. 

Berdasarkan makna dari setiap diksi Ekonomi politik internasional dapat ditarik garis besar bahwa Ekonomi Politik Internasional merupakan ilmu yang mengkaji mengenai hubungan antara kekuasaan dan wewenang dalam pengelolaan sumber daya di lingkup internasional. Namun, lebih dari itu Ekonomi Politik Internasional memiliki lingkup yang lebih luas seperti sistem pasar internasional, hegemoni ekonomi, integrasi ekonomi internasional, gender hingga lingkungan sebagai faktor ekonomi politik. Ekonomi Politik Internasional adalah landasan dari adanya interaksi antar negara untuk mencapai kepentingan nasional sehingga konsep ini sangat penting untuk mengamati kebijakan serta tindakan negara dalam melakukan kerja sama ekonomi.

Menurut Robert Gilpin yang merupakan pakar ekonomi politik internasional mendefinisikan ekonomi politik internasional merupakan kajian hubungan antara kebijakan ekonomi dan politik suatu negara. Spesifiknya, ekonomi politik internasional berfokus pada hubungan antara struktur ekonomi suatu negara dan kebijakan ekonomi yang diterapkan oleh pemerintah atau pemimpin politik. Hal ini melibatkan pemahaman terhadap bagaimana kebijakan ekonomi suatu negara mempengaruhi kebijakan politiknya, dan sebaliknya, serta bagaimana dinamika politik-ekonomi mempengaruhi hubungan internasional.

Urgensi Ekonomi Politik Internasional dalam Hubungan Internasional

Ekonomi Politik Internasional erat hubungannya dengan studi hubungan internasional. Fenomena relasi antara ekonomi, politik, dan internasional memberi dasar dari kerangka berpikir untuk memahami interaksi antara kepentingan setiap negara di bidang ekonomi dan politik. Pemahaman Ekonomi Politik Internasional menjadi kacamata untuk memahami isu - isu yang ada serta berkontribusi dalam perumusan kebijakan. Dalam studi Hubungan Internasional, Ekonomi politik internasional merupakan sebuah analisa yang mengkaji hubungan ekonomi dan politik dengan berbagai pendekatan dan paradigma hubungan internasional.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline