Lihat ke Halaman Asli

Za Pribadi

Mahasiswa/Upn Veteran Jawa Timur

Belajar Leadership dan Entrepreneurship dari Kisah Erick Tohir

Diperbarui: 22 Desember 2023   14:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Siapa sih yang belum kenal dengan Erick Thohir, seorang Menteri Badan Usaha Milik Negara yang pernah mengatakan bahwa "Kisah sukses seseorang bisa terjadi berkat bantuan dan dukungan dari lingkungan sekitar. Selain dari usaha dan kerja keras, keberhasilan datang dari kolaborasi yang dijalin dengan berbagai pihak".

Erick Thohir dikenal sebagai sosok yang luar biasa, sebab dari segi posisi dalam pekerjaan beliau merupakan seorang entrepreneur, pemimpin media, pemimpin kegiatan penting di Indonesia, serta ASIAN Games. Kini sosok Menteri BUMN sekaligus Ketua PSSI ini telah menjadi tokoh publik yang sukses menginspirasi anak muda sebab kinerjanya yang mentereng, sehingga tak heran jika namanya kian melambung tinggi. 

Lahir pada 30 Mei 1970, Erick Thohir memulai karirnya sebagai seorang pengusaha dan pendiri Mahaka Group yang merupakan induk dari perusahaan dibidang media dan entertainment. Beberapa unit usaha milik Mahaka seperti Gen FM (bidang penyiaran), Jak TV (stasiun TV), Harian Republika dan Golf Digest (media cetak) dan masih banyak lagi. Erick sendiri adalah putra dari Teddy Thohir, yakni seorang pengusaha yang turut membesarkan Astra Indonesia. Sejak kecil, pak Erick Thohir sudah ikut mengembangkan dan membantu bisnis keluarganya. Ia pun diketahui memiliki darah bangsawan dari Kesultanan Banten. 

Berbagai lika liku ia lalui selama menjadi entrepreneur, mulai dari pasang surut dirinya dalam membangun usaha, hingga sempat mengalami usaha yang harus tutup. Namun jiwa semangat dan pantang menyerah tidak menutup kegigihannya dalam membangun usahanya. Selain berkecimpung di dunia bisnis, Erick Thohir juga mencetak sejarah di gelanggang olahraga, dirinya mengaku bahwa olahraga merupakan salah satu passion dan hobinya. Berawal dari kegemarannya ini, ia kemudian mengakuisisi klub olahraga luar negeri. Salah satunya yakni Inter Milan, klub sepak bola serie A Italia pada tahun 2013 yang lalu. Tak hanya sampai situ, di dalam negeri kiprahnya dalam dunia olahraga juga tak kalah cemerlang. Erick Thohir mempunyai saham di Persis Surakarta sejak 2021, kemudian di tahun 2009 hingga 2019 beliau pernah menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama Persib Bandung. Sementara di tahun 1997-2000 beliau juga pernah menjabat sebagai manajer Persija Jakarta. 

Beberapa peristiwa penting yang akan menjadi pengingat dari seorang Erick Thohir adalah ketika beliau menjadi tokoh kunci kesuksesannya dalam gelaran Asian Games 2018 di Indonesia. Pada saat itu acara berlangsung meriah dengan konsep menarik dan seru bagi generasi milenial. Konsep ini memang dikhususkan untuk mengedepankan identitas dan keunikan bangsa Indonesia dalam sajian pertunjukan dan hiburan. Rupanya, konsep tersebut digagas oleh Erick Thohir yang mana puncak acaranya ialah pertunjukan boyband dari Korea yang tengah digemari oleh anak muda. Selain itu beliau yang dikenal sebagai pemimpin yang tegas, Erick Thohir juga tak segan untuk memberhentikan direktur utama PT Garuda Indonesia, hal tersebut dilakukan sebab yang bersangkutan telah merugikan negara kurang lebih Rp 1,5 miliar lantaran menyelundupkan komponen Harley Davidson. 

Belakangan ini nama Erick Thohir sempat menjadi buah bibir lantaran dirinya disebut sebagai calon wakil presiden (cawapres). Hal tersebut terus mendapat perhatian besar dari masyarakat, tak bisa dipungkiri bila melihat rekam jejaknya beliau memiliki karier kepemimpinan yang cemerlang di berbagai sektor usaha. Dari peristiwa diatas kita dapat mempelajari banyak hal dari Erick Thohir yang merupakan entrepreneur sukses serta sebagai pemimpin yang hebat. 

Referensi 

Hakim, S. (2022, Desember 18). Pengamat Politik Unpad: Erick Thohir miliki banyak pengalaman. Retrieved from jabar.antaranews.com: https://jabar.antaranews.com/amp/berita/423898/pengamat-politik-unpad-erick-thohir-miliki-banyak-pengalaman

Saretta, I. R. (2023, Juli 15). Kisah Sukses Erick Thohir. Retrieved from cermati.com: https://www.cermati.com/artikel/erick-thohir

Utami, F. A. (2023, Agustus 25). Biografi Erick Thohir: Pengusaha yang Jadi Menteri BUMN, Punya Perjalanan Karier yang Mentereng. Retrieved from wartaekonomi.co.id: https://wartaekonomi.co.id/read511917/biografi-erick-thohir-pengusaha-yang-jadi-menteri-bumn-punya-perjalanan-karier-yang-mentereng

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline