Lihat ke Halaman Asli

Grosir Stik Es Krim Exxowood

Grosir Stik Es Krim 085735851428

Tips COD (Cash on Delivery) an untuk Penjual Online

Diperbarui: 17 Juni 2015   19:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

COD atau cash on delivery sudah menjadi istilah umum, ya orang indonesia memang doyan singkatan entah biar gampang atau biar keren. dan kadang bangga kalau sampai membuat temannya bingung. yang bingun pun kadang gengsi dan pura pura tau apa singkatan itu. misalnya kita nongkrong bentar yuk di SEVEL. di awal awal mungkin banyak yang tidak tahu tapi lama lama banyak yang tau, meski entah di awal banyak yang sok menggunakan itu agar terdengar lebih keren, dan yang ga tau pun pura pura tau biar ga dibilang katrok. kata tukul.

Nah kembali ke COD. kadang pembeli masih ragu dan kurang percaya barang website, apalagi barang yang dibeli untuk si pembeli harganya lumayan jadi bisa bikin dia ketar ketir.

penjual yang ingin barangnya laku, akan berbuat apapun untuk membuat barangnya laku. nah untuk meyakinkan dan demi omset perbulan maka diiyakanlah COD. meski jauh dan kadang tidak ada biaya transport.

Nah saya merangkum beberapa tips untuk penjual sebelum COD an agar efektif, efisien dan juga anda terlihat professional yang mungkin nantinya akan membuat pembeli betah.


  1. Berpakaian rapi. ya kadang seperti orang yang mau kencan, dan kita ga tau lawan jenis kita bagaimana rupanya, di awal kita sudah membayangkan yang indah - indah, seperti wajahnya ganteng atau cantik. rapi dan wangi.  ini penting saya sendiri kadang suka berharap si penjual online itu rapih seperti petugas KFC atau MCD atau Pizza Hut yang melayani Delivery.
  2. Senyum ramah. jangan terlihat seperti preman atau residivis yang akan membuat pembeli merasa terintimidasi dan jadi agak mikir2 mikir mau beli, senyum dan berusahan untuk ramah akan membuat cod menjadi lebi baik.
  3. Jadwalkan pertemuan dan datang 15 menit sebelumnya, ya kalau bisa anda berdua baik penjual atau pembeli datang tepat waktu.
  4. Pastikan ponsel atau blackberry anda dalam keadaan batrai yang penuh atau cukup, bayangkan jika sudah jauh jauh sampai tempat tiba tiba media anda untuk berhubungan dengan dia mati. bgaiamana cara bertemu dengan dia atau menginformasikan di mana posisi anda. ini bisa jadi hari paling sial untuk anda.
  5. Siapkan uang kecil, ya kadang pembeli tidak mau ribet, maunya terima jadi. maka siapkan uang kecil.
  6. Lakuakan demo singkat terhadap barang yang dia beli.
  7. Mengucapkan terima kasih karena barannya sudah dibeli
  8. Letakan kendaraan anda di tempat yang aman, ya jangan sampai motor atau mobil anda malah ada di posisi rawan ketika cod.
  9. COD di tempat yang aman. di restoran cepat saji adalah pilihan, kadang kita bisa duduk di sana dan tidak perlu beli makanan atau minuman mereka.


Demikian tips singkat untuk anda yang hendak Ber COD sehingga tidak terjadi hal hal yan tidak diinginkan dalam proses transaksi anda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline