Lihat ke Halaman Asli

Real Madrid dan Cristiano Ronaldo, Mahalnya Harga Sebuah Perpisahan

Diperbarui: 30 Mei 2019   10:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ronaldo saat melawan Ajax (sumber : indosport.com)

Cristiano Ronaldo boleh saja terpilih sebagai pemain terbaik Liga Serie A Italia musim ini, namun Ronaldo yang musim ini merupakan musim pertamanya bersama Juventus, menghasilkan jumlah gol yang paling rendah dalam sepuluh tahun terakhir.

Musim ini Ronaldo mencetak 28 gol dari 43 pertandingan di semua kompetisi bagi Juventus atau rata-rata mencetak 0.65 gol per pertandingan. Jumlah gol tersebut akan dianggap sangat tinggi bagi pemain lain, namun tidak demikian dengan Ronaldo yang selalu mencetak minimal 33 gol selama dalam semusim ketika masih bergabung dengan Real Madrid. Jumlah 33 gol tersebut dicetak Ronaldo pada musim debutnya bersama Madrid.

Saat memperkuat Madrid, Pemain Portugal itu mencetak total 450 gol dari 438 pertandingan atau rata-rata 1,03 gol per pertandingan. Dengan raihan tertinggi pada musim 2011/12 dengan 60 gol dan musim 2014/15 dengan 61 gol.

Statistik Madrid bersama Ronaldo

Kepergian Ronaldo dengan statistik golnya yang mengagumkan jelas menjadi masalah tersendiri bagi Madrid. Musim ini Madrid hanya mampu mencetak total 108 gol di semua kompetisi yang diikuti, jumlah ini berkurang 40 gol dari total gol Madrid musim sebelumnya.

Raihan ini hampir menyamai pencapaian musim 2008/09, saat Ronaldo belum bergabung dengan Madrid, dengan total 104 gol.

Dengan Ronaldo, Madrid mampu mencetak lebih dari 170 gol di semua kompetisi dalam satu musim yaitu pada musim 2011/12 dengan 174 gol dan musim 2016/17 dengan 173 gol. Pada kedua musim itu, rasio mencetak gol Madrid mencapai 3 gol per pertandingan.

Penggambaran tadi menunjukkan Real Madrid seperti kembali pada musim-musim sebelum Ronaldo tiba.

Statistik tadi menjelaskan dengan sangat bahwa Madrid merindukan Ronaldo, dan begitu juga sebaliknya.

Sejauh ini hanya Karim Benzema yang mampu menunjukkan eksistensinya selepas bayang-bayang Ronaldo dengan mencetak 30 gol disemua kompetisi. Marco Asensia dan Isco mencetak masing-masing enam gol dan Lucas Vasquez lima gol. Sedangkan Gareth Bale yang diharapkan dapat menggantikan Ronaldo sebagai bintang klub, hanya mampu mencetak 14 gol dari 42 pertandingan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline