Lihat ke Halaman Asli

Zalfa nabila

Mahasiswi

Yuk, Intip Kebiasaan dan Tantangan Apa Saja Anak Kos Saat Ramadhan

Diperbarui: 7 April 2023   19:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bukber 

Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat dihormati dan ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selama bulan suci ini, umat Muslim menjalankan puasa sebagai bagian dari kewajiban agama mereka. biasanya dibulan suci ini kita cenderung menghabiskan waktu Bersama dengan anggota keluarga tercinta dirumah  namun, lain halnya dengan anak kos yg mungkin karena beberapa alasan tidak dapat pulang ke kampung halaman. Terutama mahasiswa yg mungkin karena situasi dan kondisi jadwal perkuliahan membuat mereka sulit untuk berkumpul Bersama keluarga dirumah , bisa jadi karena  jadwal ujian yg hadir ditengah atau tugas yg tak kunjung tuntas padahal deadline didepan mata.

Tetapi walau begitu hal ini tidak lantas membuat semangat mereka saat melaksanakan ibadah Ramadhan berkurang karena justru hal ini bisa menjadi sumber semangat untuk segera menyelesaikan semua tugas dan pulang ke kampung halaman. Selain itu saat menjalankan Ramadhan di kota lain akan membuat kita merasakan banyak pengalaman baru terutama bagi anak kos seperti kita baik itu mungkin, soal makanan yg tidak ada didaerah asal kita namun ternyata banyak orang yg mengonsumsinya di kota lain, atau mungkin tentang bagaimana culture shock lain saat menjalankan puasa di kota lain. . Banyak dari mereka mengadakan acara buka bersama atau iftar bersama dengan teman-teman sesama anak kos di kos-kosan mereka. Hal ini menjadi momen yang sangat membahagiakan dan memperkuat rasa persaudaraan di antara mereka.

Ramadhan yg biasanya di lakukan bersama dengan keluarga namun kini harus melakukannya sendiri pasti akan menimbulkan beberapa perubahan rutinitas atau kebiasaan, , tidak dapat dipungkiri bahwa menjalankan ibadah puasa selama Ramadan juga memiliki tantangan tersendiri, terutama bagi anak kos yang terpisah dari keluarga dan lingkungan yang biasa mereka tempati. Beberapa anak kos mungkin mengalami kesulitan dalam menjaga konsistensi dan disiplin dalam menjalankan ibadah puasa. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang membutuhkan dukungan dari teman-teman dan lingkungan sekitar untuk dapat memperkuat ibadah mereka selama Ramadan.

Perubahan kebiasaan atau rutinitas ini bisa juga terjadi karena kondisi puasa itu sendiri atau factor pengaruh lingkungan maupun budaya masyarakat di sekitar kita. Adanya perubahan perilaku juga bisa menimbulkan perubahan pada kegiatan yg dilakukan saat Ramadhan, bisa jadi ada juga kebiasaan unik yg hanya muncul sekali dalam setahun karena ada bulan Ramadhan ini. nah,bagaimana sih sebenarnya kebiasaan anak kos selama bulan Ramadan? Apa yang mereka lakukan untuk memperkuat iman dan ibadah selama bulan suci ini?

Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang pengalaman dan tantangan yang dihadapi oleh anak kos selama Ramadan, serta bagaimana mereka mengatasi hal tersebut. Kami juga akan memberikan beberapa tips dan inspirasi untuk memperkuat ibadah Anda selama bulan suci ini, terutama bagi kalian yang sedang menjalani Ramadan jauh dari keluarga dan lingkungan asli kalian. Dengan begitu, diharapkan pembaca akan dapat memperoleh wawasan baru dan semangat baru dalam menjalankan ibadah selama Ramadan.

1. Bukber 

Kita semua pasti udah gak asing lagi dengan istilah satu ini Buka Bersama, biasanya kita memang melakukan bukber bersama para anggota keluarga dirumah tapi kali ini karena sedang di kota orang maka aka nada yg berbeda tentunya. Kenapa begitu? Karena bukber kali ini mungkin akan lebih sering dilakukan Bersama dengan anak -- anak kos yg lain atau mungkin dengan teman kuliah yg juga jauh dari keluarga, wah pasti seru banget ya!

2. Berburu takjil gratis 

Voucher berbuka 

Nah, yg satu ini adalah kebiasaan yg cukup unik. Menurut pernyataan dari salah satu anak kos disini bahwasanya kalo anak kos memang hobi banget cari yg namanya gratisan, tentunya ini juga tidak salah karena sebagai sesama anak kos saya juga merasakan hal yg sama. Alasannya cukup simple karena akan lebih hemat jika kita mendapatkan gratisan dan juga bisa mengurangi keinginan untuk jajan takjil yg lain,

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline