Lihat ke Halaman Asli

Zaldi Ahmad

Mahasiswa

Kepercayaan Konsumen Menjadi Kunci Utama Keberhasilan Bisnis Usaha

Diperbarui: 18 Mei 2023   15:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

    Kunci utama dari keberhasilan sebuah bisnis adalah kepercayaan yang timbul dari konsumen terhadap produk ataupun jasa yang di jual. Konsumen harus memiliki kepercayaan bahwa produk atau jasa yang dipilihnya mampu memberikan manfaat yang terbaik bagi nya.

    Jadi disini saya ingin membagikan beberapa pengetahuan serta pendapat saya tentang cara mempertahankan konsumen.

Cara yang pertama agar konsumen percaya dengan produk kita adalah menjaga kualitas produk. Kualitas suatu produk atau jasa merupakan kunci utama dalam menjaga trust dari konsumen kita. Dengan memberikan produk-produk yang tidak menurunkan kualitasnya setiap kali membeli, maka konsumen akan percaya dan selalu setia dengan produk usaha kita. Ingat jangan sekali-kali memberikan produk yang tidak sesuai dengan standar, karena Konsumen akan kecewa dan tidak percaya lagi dengan produk kita.

Cara yang kedua yaitu memegang teguh kejujuran. Dzikir merupakan kunci dalam meningkatkan kepercayaan konsumen. Jangan sampai konsumen merasa kecewa atau merasa dibohongi, karena selamanya tidak akan percaya terhadap kita. Sampaikan dengan baik jika ada masalah atau kendala yang terjadi. Usahakan selalu terbuka dengan konsumen.

Cara yang ketiga yaitu memberikan pelayanan yang prima atau pelayanan yang optimal baik bagi pelanggan baru, pelanggan lama, pelanggan besar maupun pelanggan kelas kecil. Dengan pelayanan prima akan tercipta kepuasan konsumen dan dengan sendirinya akan terwujud loyalitas dari konsumen. Perlu diingat pelayanan prima bukan hanyaperlu diingat pelayanan prima bukan hanya dilakukan pada awal transaksi saja tetapi juga pada bagian akhir seperti menangani keluhan dan memfollow up setiap kritik konsumen.

Cara yang ke-4, cara yang merupakan tidak kalah penting untuk mempertahankan kepercayaan konsumen adalah dengan memberikan Nilai plus atau lebih kepada pelanggan setia kita. Pelayanan tersebut misalnya dengan memberikan diskon khusus, hadiah atau souvenir. Bisa juga berupa pelayanan spesial hanya kepada pelanggan yang loyal.

Cara yang kelima yaitu pengolahan data yang baik bagi konsumen. Dengan terekamnya data-data konsumen dan aktivitas dengan terekamnya data-data konsumen dan aktivitas pembeliannya dengan baik, maka bisnis kita akan lebih mendapat kepercayaan dan dianggap berkinerja profesional. Kata-kata tersebut bukan saja penuh untuk konsumen, tetapi penting juga untuk perusahaan jika sewaktu-waktu ada komplain dari konsumen. Jangan pernah memanfaatkan data-data pelanggan untuk kepentingan lain yang merugikan konsumen seperti akun email, data alamat, dan mengganggu privasi pelanggan. Karena dengan disalahgunakan nya data tersebut Konsumen akan kecewa dan tidak lagi percaya usaha kita.Nah begitulah agar usaha kita dapat terus berkembang, kita harus selalu ingat cara mempertahankan konsumen.

"Hanya butuh satu kesuksesan untuk menutupi ribuan kegagalan." - Chairul Tanjung si Anak Singkong




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline