Lihat ke Halaman Asli

Zaky Zamani

Konseling Terapi Mind Art

Sandal Babe Ali The Series (Bagian Ke-4 Selesai)

Diperbarui: 18 April 2023   10:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerbung. Sumber ilustrasi: pixabay.com/Yuri B

Lanjutan Rebana Ketimpring..

pada saat asyik menikmati menu berbuka puasa, permata mencoba berguyon ke babe dengan tingkah khas nya. "Baabeeh, enak makanan nye, babeh disini ada murid baru yang mau belajar rebana ketimpring" ucap permata manja ke babe Ali. Entong terkejut mendengar ucapan permata, padahal sebelumnya sudah tau, nanti biarin entong aja yang bilang ke babe Ali untuk ikutan latihan rebana ketimpring. "Neeeng, ngomongin nye ntar aja yaa, babe lu lagi makan ini" balas babe dengan ucapan lembut ke putri atu-atu nye.

Entong mempertegas ucapan permata. "Beh, entong selama ini cuma nonton doang lihat pada latihan rebana ","klo boleh entong minta ikut diajarin". Babe Ali langsung memperhatikan tingkah entong yang memohon minta diajarin maen rebana. "Iyee tong, nanti lu babe ajarin" jawab babe Ali. "Alhamdulillah..." Entong langsung sujud syukur. "Terima kasih babeh atas Ijin nya" ekspresi entong begitu gembira, entong lupa bilang terima kasih ke permata.

Setelah selesai makan, babe lanjut berbincang-bincang seputar rebana ketimpring, babe ngasih info tentang sejarah singkat "Rebana Ketimpring" pada obrolan setelah berbuka puasa. Rebana Ketimpring aslinya bentuk lingkaran kecil-kecil dan disisinya ada lempengan kecrek yang menjadikan suara rebana menjadi lebih rameh, biasanya rebana ketimpring digunakan untuk ngarak penganten satu paket bersma palang pintu ciri khas kebudayaan Betawi.

Rebana Ketimpring dirumah babe ini peninggalan atau warisan kong Ahmad (kakeknya neng permata), dahulu kong Ahmad guru ngaji juga pemain rebana ketimpring, tapi bukan guru silat. Pada saat ngajar rebana Babe selalu disampingnya. Tanpa minta diajarin babe suka iseng ga jelas nabok rebana, karena ga pernah diajarin, babe belajar sendiri, ilmunya lihat babe ngajarin remaja pada masanya.

Lagi santai babe bercerita, saatnya kita sholat isya serta Taraweh. Nanti setelah taraweh lanjut maen rebana. Mendengar ucapan babe si entong mau coba cara babe jaman dulu, hanya mendampingi aja tapi dapat belajar secara otodidak. "Cara babe ini lebih seru boleh dicoba nih" ujar entong

Singkat cerita.. telah selesai sholat taraweh, teman-teman ngumpul di teras depan rumah babe untuk siap-siap maen rebana. Babe mencoba manggil murid kesayangannya "entong., Lu demane? Temenin babe nabok rebana"  lama ga ada sautan balik dari entong. Babe kembali panggil " tong, tong, tong.. sahuuur tong". ternyata entong tertidur karena kebanyakan makan, sontak entong kaget "iyaa babeh, maafin entong yee .. bangun kesiangan" "entong siapin makanan sahur". Langsung pada tertawa geli semua orang yang ada di teras depan rumah babe. Entong bingung, kenape pada ketawa. Neng permata menyadarkan entong yang nyawanya belum kumpul "abang, sekarang belum waktunya sahur". Abang ketiduran tadi setelah buka puasa". "Waduh, jadi malu-maluin nih" ucap entong sambil garuk-garuk kepalanya.

Babe menyiapkan rebana ketimpring dengan melatih 20 remaja yang siap latihan dengan metode 100% praktek, babe punya jaminan kalau berlatih harus sampai tuntas. Dari jumlah 20 remaja ternyata yang kuat sampe finish hanya 10 remaja, + entong jumlah jadi 11 orang. Dari sebelas remaja inilah terbentuk sanggar seni "ketimpring" yang jadi komandan si entong.

Entong pada masanya, remaja serba bisa dalam bidang seni budaya Betawi. Semuanya dia tau, dari maen pukul sampe maen secang buat bikin bir pletok. Oh iya bir pletok buatan entong ga bikin mabok, karena bir pletok emang bukan bir yang memabukkan melainkan minuman ciri khas kebudayaan betawi. Sekilas ngomongin bir pletok yee... Nih die Khasiat bir pletok untuk kesehatan; Meredakan masuk angin, Meningkatkan nafsu makan, Menurunkan berat badan, Meredakan gejala flu, Menyegarkan tubuh.

Bahan-bahan dalam bir pletok adalah jahe putih, jahe merah, sereh, kunyit, secang sebagai pewarnanya, kayu manis, lada hitam, pala, kapulaga, kembang lawang, cengkeh, hingga daun pandan dan daun jeruk. (dapurumamai.com)

Babe juga yang ngajarin semua keahlian yang dipunya, dari sekian keahlian babe akhirnya pada menjelang akhir Ramadhan, babe menyerahkan tanggung jawabnya ke tangan dingin nya si entong, babe juga memberikan mandat untuk meneruskan perjalanan menjaga tradisi Betawi dengan mewariskan "sandal babe warna coklat". Setelah lebaran babe berharap, entong melamar neng permata untuk menjadi istrinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline