Lihat ke Halaman Asli

Zaky Wildan

Wiraswasta

Studi Kasus Efektivitas Pupuk Organik Avatara di Greenhouse Burncop: Inovasi Pertanian Berkelanjutan dari Gresik

Diperbarui: 5 Oktober 2024   20:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar pribadi

Gresik, Jawa Timur - Akhir-akhir ini, Burncop Greenhouse sedang menjadi perbincangan di dunia pertanian modern. Letaknya di Jalan Kertosono di Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik. Terkenal karena dedikasinya dalam mempromosikan praktik pertanian berkelanjutan, Burncop melakukan eksperimen mutakhir menggunakan pupuk organik "Avatara" dalam upaya meningkatkan standar hasil pertanian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak pupuk organik "Avatara" terhadap berbagai jenis tanaman yang ditanam di Greenhouse.

Greenhouse Burncop menggunakan teknologi mutakhir untuk mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan sekaligus menjunjung tinggi tujuan pertanian ramah lingkungan. Salah satu tekniknya adalah penggunaan pupuk organik yang dinilai dapat meningkatkan kualitas tanah dan meningkatkan ketahanan tanaman terhadap serangan penyakit. Dalam investigasi ini, pupuk organik Avatara menjadi pilihan utama. 

Langkah Uji Coba: Investigasi Terukur dan Presisi

Uji coba yang dilakukan di Greenhouse Burncop dilakukan dalam tahapan yang telah ditentukan. Untuk penelitian ini, tanaman hortikultura seperti tomat, selada, dan cabai digunakan sebagai contoh. Tahapan yang dilakukan terdiri dari :

1. Menyiapkan Media Tanam Sebelum menambahkan pupuk Avatara, media tanam pada rumah kaca ini dipercantik dengan campuran tanah, pupuk kandang, dan kompos. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan pertumbuhan yang sempurna dengan nutrisi yang cukup. 

2. Menggunakan pupuk Avatara. Pupuk Avatara diberikan dalam jumlah tertentu berdasarkan kebutuhan masing-masing tanaman. Untuk melihat dampaknya pada berbagai tahap perkembangan tanaman, pupuk ini diterapkan pada fase pertumbuhan vegetatif dan generatif.

3. Pengamatan dan kuantifikasi pertumbuhan tanaman diamati secara berkala. Jumlah daun, tinggi tanaman, masa berbunga, dan kualitas panen termasuk informasi yang dicatat. Selain itu, pengujian tanah dilakukan untuk memastikan perubahan unsur hara dan kesuburan setelah pemberian pupuk.

4. Evaluasi dan perbandingan dengan pupuk Konvensional. Sebagai perbandingan, terdapat tanaman lain yang diberikan pupuk dalam bentuk bahan kimia tradisional. Tujuan percobaan ini adalah untuk mengetahui dampak pupuk organik Avatara terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman dibandingkan dengan pupuk konvensional.

Temuan Uji: Panen Tinggi, Hasil Berkualitas Terjadi peningkatan kesuburan dan kualitas panen lebih tinggi setelah melalui beberapa bulan pengujian. Temuan menunjukkan bahwa pupuk Avatara memiliki efek menguntungkan yang patut dicatat:

1. Peningkatan pertumbuhan tanaman dibandingkan dengan tanaman yang diberi pupuk buatan. Tanaman yang diberi pupuk Avatara tumbuh lebih cepat, memiliki daun lebih besar, dan batang lebih kuat. Telah dibuktikan bahwa unsur hara dalam pupuk Avatara meresap secara konsisten, sehingga mendorong pertumbuhan yang stabil.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline