Lihat ke Halaman Asli

Zaky Cahya Fahrudin

IPB University

Aksi Inspiratif: Mahasiswa KKNT - Inovasi IPB Pasir Baru Membersihkan Pantai Cibangban Demi Masa Depan yang Berkelanjutan

Diperbarui: 5 Juli 2024   16:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Pribadi

Hari jumat tanggal 5 Juli 2024 mahasiswa KKN-T Inovasi IPB University melaksanakan salah satu program kerja yakni Peduli Wisata dimana mahasiswa IPB University yang berkolaborasi dengan Universitas Nusa Putra Sukabumi dan Warga sekitar pantai cibangban  melaksanakan pembersihan Pantai Cibangban yang terletak di Kecamatan Cisolok, Desa Pasir Baru, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Dimulai pukul 07.00 hingga 10.00 WIB IPB University mengajak seluruh Masyarakat yang ada di sekitar pantai cibangban untuk melaksanakan bersih-bersih. Kegiatan bersih-bersih ini dilakukan mulai dari lapangan sepak bola yang terdapat pada Kawasan pantai cibangban. Ditemukan banyak sekali sampah plastik daur ulang yang sudah tertimbun tanah sehingga perlu effort lebih untuk membersihkannya.

Sumber Pribadi

Mahasiswa IPB University, Universitas Nusa Putra, dan sedikit warga sekitar pantai yang berjumlah 45 orang membersihkan setidaknya hampir seluruh wilayah pantai mulai dari lapangan, tempat parkir, hingga pesisir pantai. Setelah melakukan pembersihan di lapangan sepak bola dilanjutkan pembersihan tempat parkir. Kurangnya kepedulian pedagang dan pengunjung pantai cibangban terhadap kebersihan pantai membuat kami sempat berfikir "sumber daya manusia seperti ini saja tidak mau peduli terhadap lingkungan, apalagi dikehidupan mereka sehari-hari". Seperti kata pepatah "kebersihan merupakan Sebagian dari iman" dari pengalaman yang sudah terjadi pengunjung pantai cibangban kurang tertarik mengunjungi pantai ini dikarenakan pedagangnya saja malas untuk membersihkan daerah mereka. Harapan kami mahasiswa IPB University yaitu dengan diadakannya kegiatan peduli wisata jumat bersih dapat diterima dan dicontoh oleh warga sehingga dapat berdampak berkelanjutan demi meningkatnya pengunjung pantai cibangban dan menaikan perekonomian di pantai cibangban Desa Pasir Baru.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline