Lihat ke Halaman Asli

Zaky yahya

Senior yang junior

Mengapa Bebek Tidak Mau Mengerami Telurnya?

Diperbarui: 2 November 2021   00:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

mengapa bebek tidak mau mengerami telurnya ? 

mungkin banyak orang juga penasaran alasan mengapa bebek tidak mau mengerami telurnya, begitu juga saya penasaran akan jawaban tersebut sehingga saya mencari nya di google guna mendapat alasan yang logis dan ilmiah mengenai hal tersebut. ada postingan dari sobat kompasiana (Alvin Yesaya) ini alamat URL nya https://www.kompasiana.com/alvinyesaya/59e59d6ba01dff35f759f632/mengapa-bebek-tidak-mengerami-telurnya yang berusaha menjawab pertanyaan tersebut, kurang lebih begini jawabannya : ada dua alasan mengapa bebek tidak mengerami telurnya yakni 1. Bebek suka bertelur di berbagai tempat Biasanya bebek suka bertelur sebelum hari menjadi pagi dan itu berarti bebek dapat bertelur dimana saja tergantung tempat dia tidur
2.Bebek mempunyai sayap yang kecil
Tidak seperti ayam, sayap bebek tidak terlalu besar. Tentu saja untuk dapat telur menetas, diperlukan suhu sekitar 38 derajat C. Dengan kondisi peternakan yang kurang baik, tentu sangat sulit untuk menjaga suhu tersebut. Sehingga mentitipkan ke ayam merupakan sebuah solusi yang baik karena ayam memiliki sayap yang cukup lebar untuk menjaga suhu telur tersebut agar dapat menetas.

kedua jawaban tersbut bisa benar juga bisa salah karna penulisbelum melakukanreseact mendalam tentang dunia perbebekan, namun perlu diketahui bahwa pertanyaan tersebut sebenarnya telah lama dilontarkan oleh orang indonesia tepatnya tahun 1901 di surat kabar candrakanta surakarta terbitan bulan juli 1901 dengan penanya bapak Sayid Budiman dari Klathn . hal tersebut di respon dan dijawab oleh redaksi surat kabar yang memang para anggotanya redakturnya merupakan orang orang yang berkompeten didalam dunia ilmu pengetahuan sebab majalah candra kantaditerbitkan oleh lembaga pengetahuan pertama dari kaum pribumi jawa.

lanjut mengenai topik pertanyaan bebek, jadi dalam kolom jawaban yang di keluarkan oleh majalah candra kanta bahwa alasan mengapa bebek tidak mau mengerami telurnya adalah karna bebek tidak betah atau tidak sanggup menhan lapar sehingga ia tidak bisa melakukan pengeraman, jawaban tersebut menurut saya cukup logis di karena ini berkaitan dengan sistem pencernaan hewan, mungkin bebek memiliki sistem pencernaan yang berbeda dengan unggas sejenisnya misalnya itik ataupun angsa dan ayam. perlu diketahui bahwa ketika unggas mengerami telurnya dia memerlukan waktu yang mungkin kita sebut hibernasi tentu saja hibernasi tersebut berbeda dengan hibernasi beruang di kutub san. ketika unggas mengerami telur ia membutuhkan  waktu yang lama untuk stanbay di atas telur bahkan ia bisa berhari hari diatas telur dia akan keluar hanya untuk mencari makan seskali itupun tak lama, sehingga kalau kita [pernah melihat kotoran ayam yang sedang dalam masa mengeram dengan ayam yang tidak sedang mengeram pasti beda.

mungkin itu yang bisa saya jawab atas pertanyaan mengapa bebek tidak mau mengerami telurnya ?.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline