Lihat ke Halaman Asli

Zakki mubarok

Mahasiswa

Hubungan Konflik dan Kepemimpinan dalam Organisasi

Diperbarui: 7 November 2024   09:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

pengertian dari menejemen konflik adalah upaya untuk yang dilakukan oleh anggota untuk mencegah adanya masalah negatif yang terjadi yang berpotensi mengganggu kinerja organisasi.

konflik sendiri ada 2 macam yaitu:

konflik fungsional: adalah sebuah konflik yg mengakibatkan hal positif tercipta contohnya meningkatkan semangat bekerja, pertimbangan pengambilan keputusan menjadi lebih bagus.

konflik disfungsional: konflik yang menimbulkan dampak negatif contohnya menimbulkan rasa kecemasan, kekecewaan dan adanya sikap penolakan dalam kerjasama.

penyebab adanya konflik adalah ketidak puasan anggota atau lingkungan organisasi yg kurang nyaman, hal ini bisa mengakibatkan anggota memberontak hal ini mencakup segi dalam maupun luar organisasi, konflik tidak hanya harus diterima namun harus didorong untuk bisa terselesaikan, maka dari ini dibutuhkan sosok pemimpin yang mampu mengorganisir anggotanya apabila terdapat konflik dalam organisasi 

terdapat banyak gaya kepemimpinan yg bisa diterapkan dalam organisasi antara lain: 

1. Kepemimpinan demokratis 

pemimpin menerima masukan dan saran dari anggota apabila dalam organisasi tersebut dalam konflik 

2. Kepemimpinan otoriter 

Pengatur manajemen konflik dalam organisasi hanya dilakukan oleh pemimpin, anggota tidak berhak untuk mendorong pengambilan keputusan

3. Kepemimpinan situasional 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline