Lihat ke Halaman Asli

Zakiyatul Aini

Mahasiswa IAIN Jember

Pentingnya Menjaga Profesionalitas bagi Pendidik

Diperbarui: 29 Maret 2020   07:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Seorang pendidik, baik guru, dosen maupun tenaga pendidik yang lain sudah seharusnya menjadi uswatun hasanah bagi peserta didiknya. Sebagaimana akronim dari salah satu bentuk pendidik yang lazim kita dengar yaitu “guru”, di gugu dan di tiru. Tak cukup disitu, seorang pendidik juga hendaknya mampu menjadi teladan bagi pendidik yang lainnya. 

Maka dari itu, sangat penting menjaga profesionalitas dirinya –tanpa mengedepankan ego masing-masing antar pendidik-. Dalam buku yang berjudul “Etika Profesi Keguruan”, Bapak Imron Fauzi mendefinisikan kata “profesionalitas” dengan sikap para anggota profesi terhadap profesinya serta derajat pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki dalam rangka melakukan pekerjaannya.

Bagi saya, makna profesionalitas sangatlah luas, menjaga nama baik profesi di bidangnya juga termasuk dalam upaya menjaga profesionalitas dirinya. Dan tak hanya di lingkungan sekolah saja, di luar lingkungan sekolah pun, seorang pendidik sudah seharusnya menjaga profesionalitas-nya. Sebab, yang perlu kita ketahui disini adalah institusi pendidikan bukan hanya tentang lembaga pendidikan saja. Semua tempat yang dipergunakan untuk belajar, berpikir, dan merenungkan tiap-tiap permasalahan yang ada merupakan institusi pendidikan.

Dewasa ini, sering kita dapati berita mengenai kekerasan yang terjadi di berbagai lembaga pendidikan terhadap peserta didik. Yang tentunya ada pemicu di balik kasus kekerasan tersebut. Selain alasan penekanan kedisiplinan, sering pula kita temui alasan ketidakmampuan guru dalam mengendalikan emosi dan egonya. 

Dari sinilah, kebanyakan kasus kekerasan terhadap siswa timbul. Siswa menjadi sasaran luapan emosi dari sang guru, yang guru tersebut tidak mampu mengontrol emosinya dengan baik. Sehingga, kerap kali kita temukan berita tentang pemberhentian guru tersebab kasus kekerasan terhadap anak didiknya.

Terlepas dari alasan-alasan masing-masing kasus di atas, seorang guru sebenarnya tak pernah membenci muridnya. Betapapun nakal ‘si murid’ tersebut. Kemarahan seorang guru ialah bukti rasa sayang mereka terhadap siswanya. Sama halnya dengan rasa sayang orang tua terhadap anak-anaknya. Hanya saja, akan lebih baik jika luapan kemarahan itu diganti dengan berbagai teguran lembut, tanpa menyakiti hati siswa tersebut.


Terima kasih. Semoga bermanfaat 😊




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline