Lihat ke Halaman Asli

Zaki Anwar

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin.

Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Dasar Negara

Diperbarui: 19 April 2021   14:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dinamika Pancasila dari awal terbentuknya menunjukkan perkembangan yang sangat baik. Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa telah disepakati oleh seluruh bangsa Indonesia. 

Akan tetapi, dalam perwujudannya banyak sekali mengalami pasang surut. Bahkan, sejarah bangsa kita telah mencatat bahwa pernah ada upaya untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dengan ideologi lainnya. 

Pancasila pada awalnya berasal dari gagasan Mr. Muh. Yamin , Ir. Soekarno dan Mr. Soepomo , setelah dirumuskan bersama lagi hasil keputusan Pancasila disahkan 18 Agustus 1945.  Pancasila sebagai dasar negara mengalami banyak tantangan dari luar dan dalam seperti;

1. Tantangan dari luar negeri akibat agresi militer Belanda , Pancasila terbukti berhasil kuat , dan memberikan rasa persatuan kepada Indonesia di awal kemerdekaan . 

2. Pada masa orde lama hingga baru , Pancasila mendapat tantangan kembali dari dalam negeri , para penghianat negara yang mau menjatuhkan Pancasila berhasil ditumpas.

 Pada zaman sekarang panacasila juga mendapat tantangan diantaranya;

 1. Globalisasi yang mempengaruhi dan mengancam nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara. Globalisasi mengakibatkan kebebasan tanpa batas di mana munculnya pemahaman baru yang  meniru kebudayaan luar yang bertolak belakang dengan nilai nilai Pancasila.

2. Munculnya ideologi baru seperti ideologi liberalis, kapitalis, dan hedonisme yang dibawa oleh pengaruh luar yang sangat bertolak belakang dengan ideologi kita Pancasila.

3. Korupsi juga merupakan tantangan penerapan Pancasila pada masa orde lama sampai pada masa reformasi ini belum juga menemui titik terang untuk menyelesaikannya.

4. Menurunnya rasa persatuan dan kesatuan yang diakibatka oleh berbagai faktor seperti perbedaan pendapat dan keyakinan.

5. Kondisi masyarakat yang diwarnai oleh kehidupan yang serba bebas yang berlawanan dengan nilai Pancasila.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline