Lihat ke Halaman Asli

Dawet Ayu Minuman Khas Banjarnegara

Diperbarui: 3 Maret 2022   14:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Haloooo!

Siapa sih yang tidak kenal dengan dawet ayu, minuman yang menjadi salah satu ikon kuliner Kota Banjarnegara yang terkenal dengan kesegaran dan kemanisannya.

Dawet ayu ini dapat Anda temukan di banyak titik di Kota Banjarnegara termasuk alun-alun kota maupun pasar-pasar tradisional. Saat ini, dawet ayu sudah menyebar di berbagai kota di Indonesia, bahkan ada juga orang asli Banjarnegara yang menjual dawet ayu hingga ke mancanegara.

Dawet ayu sangat cocok diminum saat cuaca panas, karena dapat memberikan sensasi yang menyegarkan dan melegakan tenggorokan. Minuman ini merupakan perpaduan dari santan, air gula jawa, dan dawet yang terbuat dari tepung beras dan tepung sagu yang dapat membuat kita merasa kenyang. Selain itu, harga dari minuman ini juga sangat terjangkau. Hal ini membuat dawet ayu sangat digemari dan dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat.

Dalam pembuatannya, dawet ayu menggunakan bahan-bahan yang alami. Seperti menggunakan air perasan daun pandan sebagai pewarna hijau yang memunculkan aroma khas dan membuat aroma semakin enak.

Seiring dengan perkembangan zaman banyak penjual dawet ayu yang mencoba inovasi baru dengan menambahkan durian atau nangka sebagai pelengkap untuk menambah kelezatan dan aroma dari dawet ayu.

Jika Anda berkunjung ke Banjarnegara, belum lengkap rasanya jika Anda belum menikmati kesegaran dawet ayu asli Banjarnegara. Saat ini dawet ayu Banjarnegara menjadi minuman yang menarik dan terkenal di seluruh nusantara bahkan mendunia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline