Lihat ke Halaman Asli

Syarifatuz Zakiyah

mahasiswa di kampus IAIN Jember

Membuat Usaha Semakin Sukses dengan Marketing Plan

Diperbarui: 17 April 2020   19:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

MARKETING PLAN Marketing  plan merupakan sebuah rencana pemasaran dalam menerapkan strategi marketing atau cara-cara pemasaran untuk mencapai target  dalam menjalani bisnis. Dengan kata lain, marketing plan dapat disebut sebagai strategi-strategi yang dibuat oleh pengusaha agar prodak yang akan mereka rilis bisa sukses di pasaran.

Jika strategi satu tidak bisa berjalan dengan optimal, maka bisa menggunakan strategi lainnya yang telah disiapkan. Di dalam marketing plan, ada unsur-unsur yang mempengaruhi kegiatan tersebutapun.

Unsur-unsur tersebut terdiri dari ringkasan dan tujuan perusahaan, tentukan target dan standar yang harus dicapai, tentukan target pasar, tentukan jenis konten promosi,  kenali kompetitor,  tetap fokus dan prioritas dan kemudian tetapkan budget. Dengan dilaksanakannya unsur-umsur tersebut, maka kemungkinan besar seorang pengusaha akan mudah dalam menguasai pasar.

Cara marketing plan agar sukses dalam mengeluarkan produk yang pertama dengan mengevaluasi secara kontinue atau berkelanjutan, dimana seorang pengusaha harus mau mengevaluasi prodak ataupun marketingnya. Tidak boleh berpuas hati atau besar kepala agar jika mengalami kegagal yanh mendadak tidak mengalami keterpurukan.

Langkah-langkah dalam merancang marketing plan yang efektik adalah  membuat Executive summary atau profil perusahaan, tentukan target customer, tentukan keunikan dari produk perusahaan, tentukan strategi harga dan juga positioning, buat rencana distribusi yang jelas Dan membuat strategi promosi yang akan di iklankan.

Setelah membahas masalah pengertian, unsur-unsur dan langkah-langkah merancang marketing plan, maka targeting yang akan dibahas selanjutnya. Targeting merupakan proses mengevaluasi daya minat dari konsumem terhadap prodak yang dipasarkan. Dengan kata lain, targeting merupaka. Proses mengevaluasi kekuatan pasar terhadap produk yang diproduksi.

Dalam targeting ini, kita dituntut harus bisa membaca keperluan dari komsumen dan dapat tau letak prodak kita yang akan kita distribusikan kemana. Seperti jika kita memproduksi jagung pitil, maka pasar kita adalah para peternah telor, burung ataupun pabrik makanan. Setelah dilakukkan kegiatan targeting ini, diharapkan dapat memberikan manfaat-manfaat Untuk kemajuan bisnis yang dikerjakan. Jika membahas marketing plan, maka tidak akan lengkap jika tidak membahas tentang apa itu strategi. Strategi di dalam dunia usaha sendiri merupakan suatu rencana atau cara bagaimana kita memasarkan produk yang dibuat. Prodak merupakam suatu barang yang akan dipasarkan.

Dalam memasarkam prodak le pasar, terdapat tiga jenjang yang harus dilalui pertama yaitu inti produk wujud dan manfaat dari produk tersebut, kedua yaitu wujud, ketiga kesempurnaan produk. Strategi-strategi yang dibutuhkan dalam mensukseskan marketing plan yaitu logo, lebel atau kemasan. Dua hal tersebut sangat mempengaruhi suksesnya suatu prodak. Apabila suatu prodak memiliki logo yang sama dengan prodak lainnya, maka konsumen bisa membeli prodal yang memiliki logo yang sama dengan milik kita. Dan hal tersebut bisa berimbas kepada penghasilan yang diperoleh pemilik dari produk tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline