Lihat ke Halaman Asli

PMM UMM 14 Bersih-bersih Lingkungan Pantai bersama Masyarakat di Pulau Messah

Diperbarui: 13 Oktober 2021   01:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kebersihan Lingkungan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia, menjaga kebersihan Lingkungan maka dapat menghasilkan lingkungan yang bersih dan sehat yang akan berpengaruh pula terhadap kesehatan kita dan juga kenyaman. 

Menjaga kebersihan Lingkungan selain bermanfaat bagi diri kita bermanfaat pula bagi Lingkungan, masyarakat Pulau Messah yang tinggal di wilayah kepulauan yang dikelilingi oleh lautan tentunya sangat penting bagi mereka untuk menjaga kebersihan Lingkungan laut dan pantai, menjaga kebersihan Lingkungan laut dan pantai akan berpengaruh terhadap ekosistem laut dan pantai karena masyarakat kepulauan kebanyakan bermatapencaharian sebagai Nelayan tentunya mereka sangat bergantung kepada laut. Oleh karena itu menjaga Lingkungan laut dan pantai sangat penting karena dapat berpengaruh kepada hasil tangkapan di laut.  

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Gelombang 14 Kelompok 12 beranggotakan 2 orang dari jurusan Kehutanan Lakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang dibimbing oleh Ibu Devi Dwi Siskawardani, S.TP., M.Sc. Kegiatan ini berlokasi di Pulau Messah Desa Pasir Putih Kec. Komodo Kab. Manggarai Barat Prov. NTT. 

Mereka mengajak juga beberapa dari warga Pulau Messah untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih Lingkungan Pantai dan Masyarakat. Kegiatan ini dilakukan dengan waktu 2 hari. Dilakukan mulai dari lingkungan sekitar tempat tinggal masyarakat pulau messah hingga ke lingkungan Pantai. Walaupun hanya dilakukan oleh 2 Anggota PMM, kegiatan juga lumayan menampakkan progres bagi Lingkungan Pantai dan Masyarakat. 

dokpri

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan mengajak dan menanamkan kesadaran kepada Masyarakat Pulau Messah bahwa menjaga kebersihan Lingkungan itu sangat berpengaruh bagi kehidupan kita sendiri dan lingkungannya, diharapkan bagi beberapa masyarakat Pulau Messah yang masih membuang sampah ke laut tersadar bahwa tindakan tersebut tidaklah baik, sehingga mereka dapat menerapkan kebiasaan untuk selalu menjaga kebersihan Lingkungan mereka sendiri dan juga pantai serta laut




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline