Lihat ke Halaman Asli

RuangTuleh

Menulis adalah bercerita

Pilpres 2024! Media Sosial Menjadi Kunci Utama Kemenangan Prabowo - Gibran di Kalangan Gen Z

Diperbarui: 1 Maret 2024   21:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

 

Media Sosial Menjadi Kunci Utama Kemenangan Prawobo-Gibran DiKalangan Gen Z

Pemilu sudah berlalu dan telah terlaksana dengan baik, sangat layak untuk ditelurusi keberhasilan antara paslon presiden dalam meraih sejumlah suara dimasyarakat. Pemilihan Umum menjadi sarana demokrasi guna mewujudkan sistem pemerintahan kenegaraan yang berkedaulatan rakyat. Kepemerintahan, ini terbentuk berasal dari dukungan dan suara rakyat.

Dalam konteks politik, media sosial memungkinkan partisipasi politik dan menjadi wadah baru dalam berkomunikasi, membangun interaksi, dan menyebarkan informasi kepada publik.

Melihat dari hasil pemilihan presiden, seperti dilansir dalam web KPU, calon presiden Prabowo-gibran dengan meraih dengan perolehan suara sebanyak 75,377,249 (58.83 %) Sedangkan Paslon Anis - Muhaimin dengan perolehan suara 31, 382,572 (24.49 %), Paslon Ganjar - Mahfud dengan perolehan suara 21,375,317 (16.68 %). Dengan jumlah suara yang sudah masuk sebanyak 77.95 %, terhitung hari Jumat jam 18.30 , tanggal 01 Maret 2024.

Hasil sementara, yang belum pasti jumlah akhir selanjutnya. Namun, Paslon Prabowo-gibran menjadi yang tertinggi suara dari pada dua rivalnya dengan selisih sangat jauh. Ini menjadikan peluang besar bagi Paslon prabowo-gibran menjadi pemenang dalam pilpres tahun ini.

Dibalik keberhasilan Prabowo Gibran, ada peran yang sangat penting,  bertindak sebagai sebuah jembatan yang berhasil menghubungkan Pemerintah dan Masyarakat. Selain, mempromosikan kebijakan visi-misi pemerintah, tetapi juga bertanggung jawab untuk menyampaikan pandangan publik kepada para pembuat kebijakan, itulah sang Komunikator Politik.

Menjadi seorang komunikator politik, pesan yang disampaikan harus tersentuhnya jiwa-jiwa mereka. Yang paling terpenting dalam menyampaikan sebuah informasi harus jelas, memiliki data diri dari komunikan agar mudah atau terkesan akrab dengan komunikan, dan memilih media yang tepat dalam penyampaian pesan.

Prabowo subianto, sosok tokoh sekaligus politikus memiliki kredibilitas yang tinggi sehingga hal tersebut cukup membantu beliau menjadi sebagai komunikator politik. Namun tak hanya itu saja, melainkan sebagai komunikator politik harus memiliki strategi politik, kampanye politik, gaya Bahasa dalam berpolitik, serta memainkan media dengan baik dan tepat dalam proses penyampain pesan-pesan politik

Melansir dari Kompas.co.id, Pengamat politik dari Uin Syaarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno mengatakan ketua umum Partai gerindra Prabowo subianto dalam masa kampanye melakukan transisi politik terkait sikapnya yang lebih terbuka. Seperti yang kita ketahui, prabowo dengan latar belakang seorang militer, sehingga masyarakat  khususnya kalangan gen Z menganggap sulit untuk didekati, disentuh maupun diajak untuk berkomunikasi.

Belakangan ini, prabowo sangat mudah untuk didekati menjadi orang ramah dan nyaman ketika berada didekat kelompok media dan membuat konten. Apa yang sedang dilakukan prabowo merupakan salah satu upaya untuk menyikapi sikap Generasi Z dan pemilih baru untuk meraih suara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline