Lihat ke Halaman Asli

Zakila AlyaFairus

Zakila Alya Fairus

Riview Materi Pasar Persaingan Sempurna

Diperbarui: 19 Desember 2022   06:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna (perfect competition) merupakan salah satu pasar yang paling ideal di kalangan masyarakat karena dianggap bisa menjamin terwujudnya efisiensi pasar. Pasar persaingan sempurna juga kerap memiliki banyak penjual dan pembeli, namun trnsaksi kedua pihak sangat kecil di bandingkan dengan output industry total sehingga tidak dapat memengaruhi harga, karena harga sudah di tentukan oleh pasar itu sendiri (keseluruhan permintaan dan penawaran). 

Ciri -- ciri pasar persaingan Sempurna

1.Jumlah penjual dan pembeli banyak , setiap perusahaan dalam pasar ini dapat menghasilkan bagian yang kecil di bandingkan output indusrti secara menyeluruh dan setiap pembeli itu hanya akan membeli bagian yang sangat kecil pula dari output tersebut.

2.Produk yang homogen, produk ini merupakan produk serupa yang bisa memuaskan atau mendapatkan kegunaaan barang dan jasa untuk konsumen.

3.Penyebaran informasi yang sempurna, 

4.Produsen dan konsumen menerima harga

5.Bebas keluar masuk pasar, tidak akan memngaruhi naiknya harga produk di pasar apabila pelaku pasar tidak melakukan aktivitas jual beli.

Penawaran dan Permintaan dalam Pasar Persaingan Sempurna 

Dalam pasar persaingan sempurna, harga di tentukan oleh interaksi permintaan dan penawaran melalui transaksi pembeli dan penjual.  Sebanyak apapun pasar harga tidak akan berubah. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline