Lihat ke Halaman Asli

Mengaplikasikan Nilai Moral Pancasila

Diperbarui: 21 Oktober 2018   10:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Generasi muda merupakan generasi penerus yang eksisitensinya sangat menentukan langkah kehidupan masyarakat, bangsa dan Negara Indonesia kedepan. Sebagai generasi penerus, pemuda diharapkan mampu memberikan kontribusi sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. 

Peran generasi muda sangat menentukan dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Merupakan hal yang relitis jika pemikiran kritis dan kreatif dengan dilandasi oleh idealism anak-anak muda saat ini mampu menjadi pemantik pergerakan Indonesia. Merekalah yang  kemudian menjadi tonggak awal dalam melihat relitas sebagai suatu kontruksi sosial yang progresif dan revolusioner.

Generasi muda perlu mereposisi perilaku dan perannya dalam menanamkan nilai-nilai pancasila.  Saatnya  generasi muda mereposisi perilakunya dengan meninggalkan budaya Hedonis dan budaya luar yang tidak sesuai dengan nila-nilai pancasila. Pemuda harus memberikan peranan yang lebih aktif dalam membumikan pancasila terutama ditengah berbagai persoalan masyarakat yang mulai terlepas dari  jati diri dan identitas sebagai bangsa Indonesia.

Budaya hedonis harus ditinggalkan karena bukan hanya kesenangan materi saja tujuan kita dalam hidup, tujuan kita hidup yakni hidup dengan damai dan tentram dengan mempraktekkan nilai-nilai yang terkandung dalam pacasila. 

Peran yang dapat kita lakukan sebagai generasi muda saat ini dalam mengawal pancasila adalah menjadi pelajar dan mahasiswa yang membekali diri dengan pendidikan yang berlandaskan Pancasila. 

Berkaca pada fenomena diIndonesia khusunya  terhadap kepedulian pelajar memang masih miris, butuh pemahaman yang mendalam terhadap konsep yang dianjurkan dalam pendidikan pancasila dan bukan sekedar dihafal untuk mendapatkan nilsi bagus saat ujian kelemahan para pelajar saat ini memang telah turun mrnurun dari generasi ke generasi sebagai akibat kurangnya kepedulian terhadap pentingnya memiliki jati diri yang membedakan dari bangsa lain dan menjadi pedoman untuk menentukan arah kebenaran dalam melakukan tindakan.

Oleh karena itu hal pertama yang seharusnya pelajar lakukan adalah memiliki kepedulian terhadap keadaan kritis bangsa ini, kerena sebuah kepedulian memunculkan kesadaran pentingnya menjunjung pendidikan berbasis pancasila serta tekad kuat untuk merubah realita saat ini.

Pemuda dalam perannya dalam mengawal pancasila harus diawali dengan kecintaannya kepada tanah air dan cinta pada pancasila. Sebab jika orang cinta akan kebaikan, maka orang itu akan berbuta baik dan memiliki moralitas. 

Kenapa harus memiliki moralitas karena pancasila sendiri mengandung nilai-nilai  moral yang tinggi seperti rasa hormat tentang kehidupan, tanggung jawab, jujur, toleransi, disiplin, berintegritas, dan keteguhan hati. 

Dan kita sebagai pemuda harus bisa mengaplikasikannya dalam berbagai situasi kehidupan. Pemuda dalam mengaplikasikan moral seperti rasa hormat tentang kehidupan yakni harus bisa hormat kepada siapapun entah orang yang dikenalnya atau orang yang belum ia kenal terutama orang yang lebih tua darinya dimanapun dan kapanpun. 

Pemuda dalam mengaplikasika moral seperti tanggung jawab maka pemuda harus bisa bertanggung jawab atas hal yang telah dia emban untuk mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila bukan hanya untuk pancasila ia bertanggung jawab tetapi terhadap semua hal yang telah orang lain percayaka kepadanya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline