Lihat ke Halaman Asli

Zakia Septi Lestari

Mahasiswa gizi

Manfaat Kalimat Basmalah Sebelum Makan Menurut Sains

Diperbarui: 17 Januari 2022   22:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Makan merupakan suatu kegiatan yang harus kita lakukan sebagai makhluk hidup untuk bertahan hidup. Beragam macam makanan yang ada di dunia memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Perbedaan negara, dan agama  mempengaruhi pada budaya dan adat dalam perilaku makan. Sebagai seorang muslim yang baik kita senantiasa dapat melakukan adab makan yang sering Nabi Muhammad SAW lakukan. Salah satunya ialah mengucap kalimat Basmalah sebelum makan, dalam HR. Bukhori dijelaskan bahwa Rasulullah SAW bersabda pada Umar bin Abi Salamah,“Wahai anak, sebutlah nama Allah, dan makanlah dengan tangan kananmu, serta makanlah yang ada di hadapanmu.”

Namun ketika kalian lupa dalam mengucapkan kalimat Basmalah maka kalian dapat mengucapkan kalimat “Bismillahi awalahu wa akhirohu”, sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Abu Daud Sulaiman ibn Al-Asy’at al-Sajastani dalam Kitab Sunan Abu Dawud yang artinya “Dari Aisyah Ra, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda : Jika seseorang diantara kalian makan, maka hendaknya dia menyebut nama Allah. Jika dia lupa menyebut nama Allah pada awal mula, maka hendaknya dia berkata Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhir”.

Dari Hadist yang telah dijelaskan diatas dipertegas bahwa kalimat Basmalah merupakan suatu keharusan bagi umat muslim sebelum mereka makan. Menurut ulama ada tiga tujuan dari mengucapkan kalimat Basmalah sebelum makan, yaitu :

Agar kita mendapatkan keberkahan dari makanan yang kita makan

Terhindar dari gangguan setan

Mendapatkan Ridha Allah SWT

Sedangkan menurut para ahli mengucapkan kalimat Basmalah sebelum makan erat kaitannya dengan spiritual seseorang, hal ini dapat dipahami ketika seseorang sedang berdoa maka seluruh jiwa dan raga orang tersebut dalam keadaan tenang, termasuk pada peredaran darah yang bekerja dalam keadaan normal tanpa ada rasa tergesa-gesa, sehingga dapat dipastikan ketika orang mengucapkan kalimat Basmalah sebelum makan maka orang tersebut dalam keadaan tenang jiwa dan raganya, sehingga makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat diserap dan dicerna baik oleh tubuh.

Referensi :

Siti Imritiyah 2016. Kajian Hadist-Hadist Adab Makan dan Minum; Perspektif Ilmu Kesehatan. Universitas Islam Negeri Jakarta. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline