Lihat ke Halaman Asli

Zakaria Subiyantoro

Mahasiswa stikosa AWS

Wadah Para Jurnalis, Stikosa-AWS Beri Jalan Lebar pada Para Penulis

Diperbarui: 9 September 2022   22:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Surabaya, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya (Stikosa-AWS) adalah universitas yang memang dikhususkan bagi mereka yang ingin menjadi seorang wartawan.

Berlokasi di Jl. Nginden Intan Timur I No. 18, Nginden Jangkungan, Kec. Sukolilo, Kota Surbaya, kampus yang berada dipinggir sungai ini menjadi  kampus khusus untuk wartawan pertama yang ada di Jawa Timur.

Stikosa-AWS ini hanya terdiri dari 1 jurusan saja yakni Ilmu Komunikasi. Dengan terbagi menjadi 2 prodi yaitu Digital Journalism dan Broadcasting serta Digital Public Realtions.

Meskipun hanya ada 2 prodi saja, namun telah bisa mencakup keseluruhan bidang ilmu komunikasi masa kini yang berbasis digital secara menyeluruh.

Bertujuan dengan inti membentuk karakter mahasiswa yang haus akan informasi, setiap semester pasti dibekali ilmu kejurnalistikan yang lengkap dan kompleks.

Dengan para pengajarnya yang punya sepak terjang di dunia jurnalistik, tentunya mahasiswa tidak perlu untuk meragukan hasilnya lagi saat mereka telah keluar atau lulus dari sini.

Tidak sedikit lulusan Stikosa-AWS ini terjun langsung ke dunia kerja dan direkrut oleh media ternama hingga pemerintah. Mulai dari Kominfo, media berita seperti Jawa Pos, pertelevisian seperti Metro TV, dan masih banyak lagi.

Maka tidak diragukan lagi, bekal ilmu yang diberikan oleh Stikosa-AWS kepada mereka yang ingin menjadi seorang Jurnalis, Presenter, Humas suatu instansi, dan lain sebagainya, dikarenakan guru beserta alumninya telah memberikan contoh nyata dibalik hebatnya kampus tersebut.

Tidak hanya jurusannya yang penting untuk dipelajari. Stikosa-AWS sendiri memiliki berbagai Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang keren, menarik serta bermanfaat untuk mengasah ilmu yang telah dipelajari juga.

Dikarenakan tidak lengkap jika suatu ilmu tanpa ada prakteknya. Ormawa di Stikosa-AWS ini juga ada untuk mengasah ilmu yang telah kita dapat dari saat pembelajaran, agar ilmu yang baru saja kita pelajari dapat berguna dalam pekerjaan kita.

Ormawa di Stikosa-AWS ini ada 7, yakni Himarfi, Kopi Production, Surabaya Muda,  Acta Surya, AWS TV, Teater Lingkar, serta Prapala. Semua organisasi ini tidak lepas dari setiap mata kuliah yang dipelajari di kampus Stikosa-AWS.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline