Lihat ke Halaman Asli

ZAIS MUBAROK

Mengajar menjadi Guru

Memahami IKM 2023 Bagi Madrasah Setiap Fase

Diperbarui: 31 Januari 2023   09:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Memahami Implementasi Kurikulum Merdeka 2023 Bagi Madrasah

Sumber: Shofar Sholahudin

Prinsip Pembelajaran diantaranya

  • Berorientasi pada masa depan
  • Berorientasi pada nilai ibadah
  • Dirancang sesuai karakteristik peserta didik
  • Membangun pembelajaran sepanjang hayat
  • Mendukung pengembangan kompetensi dan karakter secara holistik
  • Dirancang sesuai kontekstual dengan melibatkan orang tua dan komunitas sebagai mitra

Analisis Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi yang dicapai pada tiap fase pada tiap jenjang dari fondasi PAUD. Kekhususan untuk pendidikan dasar dan menengah Capaian Pembelajaran disusun untuk setiap mata pelajaran. Kurikulum Merdeka Capaian Pembelajaran diberikan pada setiap fase diantaranya ada Fase Pondasi RA, Fase A MI kelas 1-2, Fase B MI kelas 3-4, Fase C MI kelas 5-6, Fase D MTS kelas 7-9, Fase E MA/MAK Kelas 10 dan Fase F MA/MAK Kelas 11-12.

Komponen Capaian Pembelajaran

  • Rasional Mata Pelajaran
  • Tujuan Mata Pelajarann
  • Karakteristik Mata Pelajaran
  • Capaian dalam setiap fase secara keseluruhan
  • Capaian dalam setiap fase menurut elemen

Setiap Capaian Pembelajaran memiliki beberapa elemen atau kelompok kompetensi esensial yang berlaku pada mata pelajaran tersebut. Masing-masig elemen tersebut sendiri menunjang pembelajaran.

Teknik Perumusan Tujuan Pembejaran (TP)

  • Merumuskan Tujuan Pembelajaran secara langsung melalui Capaian Pembelajaran
  • Merumuskan Tujuan Pembelajaran dengan menganalisi "kompetensi" dan "lingkup materi" pada Capaian Pembelajaran
  • Merumuskan Tujuan Pembelajaran lintas elemen

Tujuan Pembelajaran

  • Kompetensi : sikap, pengetahuan, ketrampilan
  • Lingkup Materi : ilmu pengetahuan inti atau konsep utama yang perlu dipahami di akhir satu unit

Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

  • Mengembangkan urutan pengembangan kompetensi yang harus dikuasai secara utuh dalam satu fase
  • ATP menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang linier dari awal hingga akhir fase
  • ATP menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang menggambarkan kompetensi dalam satu fase

Komponen ATP  

  • Tujuan Pembelajaran
  • Materi
  • Kelas
  • Semester
  • Alokasi Waktu

Penyusunan Modul Ajar

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline