Lihat ke Halaman Asli

Jadikan Satu Resolusimu di Tahun 2021

Diperbarui: 3 Februari 2021   13:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

2020 sudah kita tutup dengan kurang baik. Covid-19 sangat berpengaruh pada rencana-rencana kita. Bahkan, salah satu dari kita banyak yang kehilangan pekerjaan karenabegitu besarnya pengaruh pandemi terhadap kinerja dan keuangan perusahaan.


Tahun 2021 telah tiba, kita seharusnya banyak belajar dari tahun sebelumnya karena kebiasaan baru yang akan terbentuk akibat dari covid-19. Banyak hal yang bertransformasi mulai dari kebiasaan kita belajar ataupun bekerja. Kita harus lebih pintar dan teliti utamanya dalam mengelola keuangan selama masa pandemi ini. Kita perlu melakuka perencanaan kedepan. Yah kalau anak muda sekarang nyebutnya"Resolusi". 

Resolusi itu penting untuk dibuat sebagai ide kita berjalan. Resolusi untuk tahun 2021 ini tak cukup hanya kesehatan jiwa dan raga, namun juga untuk kesehatan finansial juga perlu. Lalu bagaimana kesehatan finansial dapat kita capai? Kesehatan finansial dapat kita capai dengan cara meningkatkan kecerdasan finansial kita. Kita sangat sibuk dalam mencari dan menambah penghasilan, namun kita lupa dan abai dengan kecerdasan finansial kita. Padahal itu teramat penting untuk kehidupan perekonomian kita. Nah disini saya akan sedikit akan memaparkan apa sih kecerdasan finansial ? Menurut buku yang saya baca milik Robert T. Kiyosaki, ada lima kecerdasan  yang perlu kita kuasai dalam mengelola finansial atau keuangan yaitu menghasilkan uang lebih banyak, melindungi uang anda, menganggarkan uang anda, mengenakan laverage atas uang anda dan meningkatkan informasi keuangan anda.


Mengapa perlu satu tahun penuh untuk melakukan resolusi? Bahkan resolusi ini dapat kita gunakan dalam seumur hidup kita karena kita akan selalu membutuhkan uang dalam kehidupan kita. Uang mudah sekali datang dan pergi. Ketika kita mudah mendapatkan uang, ada kemungkinan pula uang akan mudah  hilang. Namun, pintarnya kita mengelola keuangan atau mencapai kecerdasan finansial tidak akan menyebabkan uang kita habis. Nah langkah selanjutnya apa yang perlu dilakukan? Langkah pertama adalah membaca buku tentang keuangan.

Bacalah buku tentang keuangan atau finansial minimal satu bulan satu buku. Langkah kedua mencatat keluar masuknya uang secara runtut dan teliti sehingga uang dapat terarah dan diketahui secara jelas keluar masuknya. Langkah ketiga adalah menggarkan uang kita atau dapat disebut dengan estimasi. Mengestimasi uang untuk apa saja yang telah dianggarkan jauh lebih mudah daripada kita mengambil sembarang uang dan kemudian uang tiba-tiba habis. Itulah pentingnya menganggarkan uang agar uang yang kita keluarkan lebih terarah.

Langkah yang terakhir adalah melakukan investasi. Lakukanlah investasi dari hal yang kecil. Tentunya harus belajar dulu ya sebelum berinvestasi. Karena investasi dan risiko itu berbanding lurus, semakin tinggi investasi yang dikeluarkan maka semakin besar pula risiko yang akan diterima. Yuk sama-sama belajar mengatur keuangan dari sekarang..




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline